kumparan
17 Juni 2018 20:03

Tips Kembalikan Rutinitas Anak Usai Lebaran

com-Susahnya Memilih Sekolah untuk Anak
com-Susahnya Memilih Sekolah untuk Anak (Foto: Thinkstock)
Seluruh umat Muslim baru saja merayakan Lebaran. Berbagai aktivitas khas Lebaran pun sudah dijalani. Kini libur Lebaran akan segera berakhir. Saatnya bersiap mengembalikan rutinitas keluarga Anda di hari-hari biasa, terutama, rutinitas harian anak.
ADVERTISEMENT
Bagi anak-anak, move on dari masa libur Lebaran bisa jadi hal yang sulit. Setelah liburan usai, anak-anak biasanya malas untuk kembali memulai rutinitas, seperti bangun pagi.
Sebelum hal itu terjadi, ayo bantu anak kembali semangat menjalani rutinitas sehari-hari dengan tips berikut ini:
1. Atur Jam Tidur Anak
Ilustrasi Anak Tidur
Ilustrasi Anak Tidur (Foto: Thinkstock)
Berlibur kerap membuat jam tidur sebagian anak menjadi tidak teratur. Akibatnya, anak-anak akan merasa malas bangun pagi saat masuk sekolah nanti. Oleh karena itu, beberapa hari sebelum liburan berakhir, biasakan untuk kembali membangunkan anak di pagi hari, Moms.
Jangan pula biarkan anak bermain hingga larut malam. Hal ini tentu bisa membuatnya sulit untuk dibangunkan di pagi hari.
2. Berikan Aktivitas yang Teratur
Ilustrasi Bermain Video Game
Ilustrasi Bermain Video Game (Foto: Pexels)
Aktivitas yang berulang bisa membantu anak tidur tepat waktu dan kembali memiliki rutinitas. Sebelum liburan berakhir, Anda dapat membiasakan anak kembali ke rutinitas harian dengan memberikan batasan waktu untuk bermain komputer, video game atau menonton televisi.
ADVERTISEMENT
3. Ajak si kecil membantu pekerjaan rumah tangga
Ajak anak masak bersama
Ajak anak masak bersama (Foto: Thinkstock)
Lebaran usai dan asisten rumah tangga belum juga kembali? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengajak si kecil untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga sesuai usianya.
Rutinitas mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bisa mengembalikan mood anak agar tidak malas-malasan selama menunggu waktu masuk sekolah. Buat suasana yang menyenangkan selama anak membantu perkerjaan rumah, dan jangan lupa berikan si kecil apresiasi setelah ia selesai bekerja, agar anak tetap semangat, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan