Mom
·
18 September 2020 12:17

Tips Mengenal dan Mengasah Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Mengenal dan Mengasah Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi (101363)
ibu dan bayi. Foto: Shutterstock
Pandemi corona hingga kini belum juga usai. Ya, kira-kira sudah 6 bulan lamanya kita membatasi kegiatan di luar dan lebih sering berada di rumah untuk mencegah penularan virus.
ADVERTISEMENT
Tak dapat dipungkiri, sebagai ibu, Anda juga mungkin dilanda bosan karena tidak bisa beraktivitas di luar rumah untuk menghilangkan penat. Namun ternyata, tak sedikit pula yang malah menemukan hobi baru atau bahkan mengisi waktunya dengan kegiatan yang selama ini jarang dilakukannya. Sebut saja bersepeda, berkebun, atau memasak yang kini menjadi beberapa kegiatan yang disukai banyak ibu. Apakah Anda termasuk salah satunya, Moms?
Psikolog Keluarga, Nadya Pramesrani, M.Psi menuturkan bahwa melakukan hobi atau kegiatan yang kita sukai selama pandemi ternyata dapat meningkatkan level mood dan mengurangi stres. Apalagi, jika hal ini bermula dari kegiatan yang Anda sukai, maka Anda dapat mengeksplorasi potensi diri lainnya untuk menunjang perkembangan diri, baik secara personal maupun profesional.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana jika Anda belum mengenali hobi atau memiliki hal yang Anda sukai?
Tips Mengenal dan Mengasah Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi (101364)
Ilustrasi ibu dan anak merawat tanaman hias. Foto: Shutter Stock

Tips Mengenali Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi

Nadya pun memberikan tips agar Anda dapat mengenal dan mengasah potensi dalam diri Anda, Moms. Tips ini juga berlaku bagi suami, anak, atau bahkan anggota keluarga lain di rumah. Agar mudah dihafal dan dipahami, ia pun menyingkat tips tersebut dengan STAR, yaitu Star, Try, Assess, dan Repeat. Apa maksudnya?
Psikolog dari Rumah Dandelion ini mengungkapkan bahwa kita sebenarnya bisa memulai hal ini dari yang ada di sekitar kita. Karena situasi pandemi mengharuskan Anda sering berada di rumah, mungkin hal ini dapat ditemukan pada saat Anda sedang memikirkan sesuatu atau melakukan suatu hal.
ADVERTISEMENT
"Mulai dari apa yang ada di rumah atau apa yang pertama kali terlintas di kepala mau ngapain," ujar Nadya dalam Webinar bertema 'Luncurkan Kemasan Baru, HiLo Menginspirasi Hidup Aktif dan Kreatif di Era New Normal' yang dihelat beberapa waktu lalu.
Tips Mengenal dan Mengasah Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi (101365)
Tetap olahraga di rumah meski sedang work from home. Foto: Shutterstock
Kemudian, try --ketika sudah mulai melakukan sesuatu, cobalah dulu beberapa kali. Nadya menyarankan agar Anda jangan hanya sekali saja melakukan hal tersebut, tapi lakukanlah dalam beberapa kali --meski tak tiap hari. Karenanya, dari beberapa kali pengalaman itu Anda bisa mendapatkan pembelajaran.
Lalu, Anda bisa melakukan evaluasi terkait apa yang sudah dilakukan terhadap kegiatan baru tersebut, bagaimana perasaan Anda ketika melakukannya, dan identifikasi atau pahami kenapa emosi tersebut bisa muncul.
Tips Mengenal dan Mengasah Potensi Diri Ibu di Masa Pandemi (101366)
Ilustrasi ibu olahraga di rumah aja. Foto: Shutter Stock
"Kalau ternyata oh suka, repeat, ulangi, untuk meningkatkan skill kita. Kalau misalkan enggak suka repeat lagi, mulai dari dari awal sampai menemukan kenyamanan atau hobi kita di mana," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
"Sehingga dengan begitu, kita tetap bisa aktif berkegiatan dan juga melakukan hal yang kita sukai," tutupnya.
Jadi, yuk, coba ikuti tips dari psikolog di atas, agar Anda bisa terhindar dari stres dan bisa mengenal potensi diri lebih dalam lagi.