kumparan
28 Jun 2018 10:05 WIB

Tips Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Ilustrasi Payudara (Foto: Thinkstock)
Menyusui punya banyak manfaat untuk ibu, seperti menjaga berat badan setelah melahirkan dan mengurangi risiko kanker payudara. Namun begitu selesai menyusui, ibu akan dihadapkan pada satu masalah yaitu payudara yang mengendur. Hal tersebut sebenarnya wajar, karena setelah melahirkan dan menyusui, bentuk dan ukuran payudara bisa berubah. Meski demikian, bagi sebagian ibu, payudara yang mengendur bisa mengurangi rasa percaya diri.
ADVERTISEMENT
Tapi Anda tak perlu cemas berlebihan, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan kembali payudara yang kendur, seperti:
1. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Fitestrogen
Cobalah mengonsumsi tahu, kedelai dan biji rami. Ketiga jenis makanan tersebut mengandung fitoestrogen, senyawa dalam tumbuhan yang mirip dengan hormon estrogen dalam tubuh.
Senyawa fitestrogen dapat memengaruhi jaringan payudara untuk mengembalikan ukuran payudara Anda seperti semula.
2. Menyusui dengan Posisi yang Benar
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Hindari posisi menyusui yang membungkuk. Gunakan penyanggah atau bantal pada bayi agar sejajar dengan payudara Anda. Ini akan memperbaiki posisi payudara dan buat tulang Anda jadi tidak bungkuk.
3. Kompres Menggunakan Air Panas dan Dingin
Saat sedang mandi, Anda bisa mengompres sambil memijat payudara dengan kain atau waslap yang sudah dicelupkan dengan air panas atau air dingin. Air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan air dingin dapat membantu mengencangkan kembali kulit payudara.
ADVERTISEMENT
Kompres dengan gerakan circular motion (gerakan memutar) selama 30 - 60 detik saja.
4. Pakai Bra yang Tepat
Ilustrasi Bra (Foto: Thinkstock)
Pilihlah bra yang kuat menyangga payudara Anda dengan baik. Bra yang bagus tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar saat Anda pakai.
Salah satu jenis bra yang banyak dianjurkan oleh ahli kesehatan adalah push-up bra. Bra jenis ini dapat membantu mengangkat payudara sekaligus membuatnya tampak lebih berisi.
5.Olahraga
Jika dokter Anda sudah memperbolehkan Anda untuk olahraga, lakukanlah gerakan-gerakan yang fokus pada area dada. Selain itu, Anda juga bisa melakukan senam payudara, Moms. Latihan ini dapat mengencangkan kembali otot-otot pektroalis mayor dan minor pada payudara Anda.
ilustrasi olahraga (Foto: dok.Thinstock)
Cara melakukan senam inip cukup sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah. Pertama, posisikan tubuh Anda terlebih dahulu, bisa duduk tegak atau berdiri. Kedua, angkat dua tangan secara bersamaan. Lanjutkan dengan menekuk kedua tangan seperti sedang berdoa. Langkah ketiga, tekan payudara dan lakukan gerakan ini hingga 20 kali hitungan dalam sekali latihan.
ADVERTISEMENT
6. Jaga Payudara Agar Tetap Lembab
Anda bisa mengoleskan payudara dengan pelembap sebanyak dua kali sehari. Ini bertujuan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan kulit serta mengurangi stretch mark pada payudara.
Tapi pelembab ini hanya boleh dioleskan ketika Anda benar-benar sudah tidak menyusui lagi ya, Moms. Pasalnya kandungan pelembap bisa membuat anak jadi keracunan ketika menyusu dari payudara Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan