Mom
·
1 Agustus 2021 17:13
·
waktu baca 3 menit

Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah saat Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah saat Pandemi (923941)
searchPerbesar
Ilustrasi merayakan ulang tahun anak di rumah secara sederhana. Foto: Shutterstock
Pesta ulang tahun merupakan salah satu momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh anak. Sehingga, Anda pun ingin si kecil bahagia di hari spesialnya itu.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, di masa pandemi seperti ini, kita tidak bisa menggelar pesta ulang tahun yang meriah untuk anak. Sebab, untuk mencegah penularan virus corona, kita dianjurkan untuk tidak membuat keramaian yang mengundang banyak orang.
Meski begitu, Anda tak perlu khawatir, Moms. Anda tetap bisa merayakan ulang tahun anak bersama keluarga di rumah. Agar lebih berkesan, Anda bisa mencoba beberapa ide ini saat merayakan ulang tahun anak di rumah.

5 Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Masa Pandemi

1. Buat dekorasi pesta sederhana
Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah saat Pandemi (923942)
searchPerbesar
Ilustrasi anak ulang tahun. Foto: Shutter Stock
Mengutip Rise and Shine, agar pesta ulang tahun anak terkesan lebih meriah, Anda sebaiknya membuat dekorasi di rumah sesuai dengan hal-hal yang di sukai anak. Mulai dari warna, karakter kartun, hingga aksesoris yang menarik. Jangan lupa untuk mengajak si kecil menyiapkan pesta ulang tahunnya, agar ia tetap merasa bersemangat meski tidak bisa bertemu teman-teman di hari spesialnya.
ADVERTISEMENT
2. Pesta kostum
Selain mendekorasi rumah, Anda juga bisa mengadakan pesta kostum di hari ulang tahun anak. Cobalah untuk menggunakan kostum yang sesuai dengan tema pesta ulang tahun si kecil atau sesuai karakter kesukaan anak. Ini akan membuat si kecil merasa disayangi di hari ulang tahunnya lho, Moms.
3. Adakan permainan seru
Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah saat Pandemi (923943)
searchPerbesar
Ilustrasi ulang tahun anak di rumah. Foto: Shutter Stock
Berbagai hiburan dan permainan biasanya selalu menjadi pelengkap di acara pesta ulang tahun anak. Meski hanya ada keluarga inti, permainan seru di tengah-tengah pesta masih bisa dilakukan. Misalnya dengan mengadakan perlombaan meniup balon antara ayah, adik dan kakak. Atau bisa juga permainan menebak tanggal lahir dari masing-masing pemain. Siapa pun yang memenangkan permainan bisa mendapatkan potongan kue ulang tahun lebih dulu.
ADVERTISEMENT
4. Membuka kado bersama
Mengutip Healthy Children, hadiah atau kado menjadi salah satu hal yang ditunggu anak di hari ulang tahunnya. Karena tidak ada teman-teman yang datang, mungkin kado yang akan didapatkannya lebih sedikit.
Nah, ini bisa menjadi ide bagi orang tua agar menyiapkan berbagai kado untuk si kecil. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk memberikan kado sederhana untuk anak yang berulang tahun. Kemudian, adakan momen membuka kado bersama dan membaca berbagai ucapan ulang tahun yang diberikan.
5. Video call dengan keluarga besar
Tips Merayakan Ulang Tahun Anak di Rumah saat Pandemi (923944)
searchPerbesar
Ilustrasi keluarga merayakan ulang tahun dengan video call. Foto: Shutter Stock
Di zaman yang serba canggih seperti ini, Anda tetap bisa bertegur sapa dengan keluarga dan teman secara virtual lewat video call. Ya Moms, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari WhatsApp Call, Google Meet atau Zoom Meeting.
ADVERTISEMENT
Untuk menambah kemeriahan pesta, Anda bisa melakukan panggilan video dengan keluarga besar dan teman-teman si kecil saat prosesi tiup lilin atau doa bersama. Ajak semua orang bernyanyi lagu ulang tahun dan minta mereka memberikan harapan dan doanya satu-persatu, Moms.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis