Mom
·
8 Februari 2021 10:59

Tips Pilih Botol Susu yang Lebih Aman untuk Kesehatan Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Pilih Botol Susu yang Lebih Aman untuk Kesehatan Bayi (73946)
Ilustrasi botol susu bayi Foto: Pixabay
Saat memilih berbagai perlengkapan bayi, orang tua perlu selalu bersikap cermat, teliti dan hati-hati. Karena bila sampai salah, kesehatan bayi jadi taruhannya. Misalnya saat memilih pakaian, popok, perlengkapan tidur, sabun cuci hingga botol susu untuk bayi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana pemilihan botol susu yang tidak tepat dapat berdampak pada kesehatan bayi? Moms, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Kesalahan Memilih Botol Susu pada Kesehatan Bayi

Tips Pilih Botol Susu yang Lebih Aman untuk Kesehatan Bayi (73947)
Dampak Kesalahan Memilih Botol Susu pada Kesehatan Bayi Foto: Shutterstock
Mengutip Prevention, jika botol bayi Anda terbuat dari plastik polikarbonat, ia mungkin mendapatkan yan bisphenol A (BPA) dalam jumlah kecil, bahan kimia mirip estrogen.
Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menganggap BPA aman dalam jumlah kecil, tetapi tinjauan terhadap lebih dari 90 riset pada hewan mengungkapkan bahwa bahkan pada dosis rendah, bahan kimia tersebut dapat menyebabkan hiperaktif, gangguan pada kemampuan memperhatikan (attention deficit), hingga pubertas dini.
Lantas, bagaimana sebaiknya orang tua memilih botol susu untuk bayi yang lebih aman?
ADVERTISEMENT

Tips Memilih dan Merawat Botol Susu Bayi

Tips Pilih Botol Susu yang Lebih Aman untuk Kesehatan Bayi (73948)
Tips Memilih dan Merawat Botol Susu Bayi Foto: Shutterstock
Saat memilih dan merawat botol susu bayi, Frederick S. vor Saal, PhD dari National Institutes of Health, Amerika Serikat memberi 3 tips:
1. Pilih Bahan yang Aman
Saat membeli botol susu, periksa terlebih dulu botol tersebut terbuat dari bahan apa. Saal menyarankan orang tua untuk menghindari botol dari bahan polikarbonat.
Botol susu bayi yang terbuat dari bahan kaca adalah pilihan terbaik, tapi bila tidak bisa membelinya pilihnya botol dari bahan polietersulfon, polietilen, atau polipropilena.
Alasannya? Meski tidak tampak bening atau tidak sejernih botol berbahan polikarbonat, botol dari bahan-bahan ini paling aman untuk bayi.
2. Hati-hati saat Memanaskan Botol
Jangan memanaskan atau menyimpan cairan panas dalam botol polikarbonat. Keduanya Meningkatkan risiko pelepasan BPA.
3. Hati-hati saat Mencuci Botol
Cuci lah botol susu bayi dengan tangan atau spon cuci yang lembut agar tidak mudah tergores atau keruh. Bila botol sudah penuh goresan atau berubah warnanya, ganti dengan yang baru.
ADVERTISEMENT