kumparan
27 Desember 2018 18:03

Tips Pilih Hotel yang Aman untuk Anak Saat Liburan

Tips memilih hotel. (Foto: Shutterstock)
Hotel merupakan salah satu hal penting yang harus dipikirkan ketika liburan. Hotel akan jadi tempat beristirahat setelah lelah menghabiskan hari dengan berjalan-jalan di tempat wisata.
ADVERTISEMENT
Di momen liburan, mencari hotel murah bagaikan hal utama. Membandingkan harga satu hotel dengan hotel lainnya memang bisa jadi pertimbangan. Tapi, saat memilih tempat penginapan, Anda tak hanya cukup membandingkannya dari segi harga saja, Moms. Ada pula hal-hal lain yang harus masuk ke dalam pertimbangan.
Menurut Safekids Indonesia, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih hotel yang aman untuk anak, Moms. Mulai dari kondisi kamar, fasilitas, dan tentu saja jalur evakuasi bila ada bencana yang tidak diinginkan.
Tips memilih hotel. (Foto: Shutterstock)
Sebelum memesan kamar, pastikan Anda mencari tahu dulu fasilitas apa saja yang disediakan di sana. Cari tahu, apakah ada APAR (alat pemadam api ringan), hydrant, dan pintu emergency di tiap lorongnya.
ADVERTISEMENT
Perhatikan, apakah ada rambu jalur evakuasi yang mudah dilihat sekalipun dalam keadaan panik. Pastikan juga ada alarm kebakaran, sprinkler atau alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis dan CCTV yang bisa memantau seluruh wilayah hotel.
Setelah itu, pastikan kondisi kamar yang dipilih. Jangan hanya memastikan kenyamanan dan punya pemandangan indah ya, Moms. Anda juga harus memastikan ada petunjuk keadaan darurat dan jalur evakuasi yang biasanya terletak di belakang pintu. Cek juga apakah ada bel di luar kamar yang mudah dijangkau anak, sistem pengunci pintu tidak ribet untuk anak, kamar mandi tidak licin, dan TV tidak mudah dijangkau anak kecil.
Tips memilih hotel. (Foto: Shutterstock)
Bila ingin mencari hotel yang ada kolam renangnya, baca peraturan yang ada di kolam renang sebelum berenang, Moms. Misalnya saja tak boleh berenang bila tak pakai baju renang. Ada batasan jelas antara area anak dan area dewasa di kolam renang, mungkin bisa dilihat dari tali pembatas. Terdapat life guard dan pelampung penyelamat yang siaga di pinggir kolam renang untuk menyelamatkan anak bila tenggelam, dan kawasan kolam renang tidak terlalu licin.
ADVERTISEMENT
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda turut memastikan tempat penginapan yang dipilih untuk keluarga tak hanya nyaman, namun, juga aman bagi anak. Hal itu penting untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi di penginapan.
Tips memilih hotel. (Foto: Shutterstock)
Untuk tips tambahan, usahakan memilih lantai kamar di lantai terendah. Meskipun pemandangannya kurang ciamik dibanding di lantai atas, setidaknya, kamar di lantai terendah lebih memudahkan proses evakuasi. Atau, pilih kamar yang dekat dengan pintu darurat.
Jangan lupa, tanyakan juga potensi bencana alam yang bisa dan pernah terjadi di sekitar lokasi penginapan. Kenali tanda-tanda terjadinya bencana alam, seperti gempa, tsunami untuk berjaga-jaga bila melihat situasi yang harus diwaspadai.
Jadi, sudah siap liburan dengan aman, Moms?
ADVERTISEMENT
Penulis: Nanda Saputri
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan