Mom
·
7 Januari 2021 16:07

Tips Pilih Krim krim untuk Puting Lecet saat Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Pilih Krim krim untuk Puting Lecet saat Menyusui  (76090)
Tips Pilih Krim krim untuk Puting Lecet saat Menyusui Foto: Shutterstock
Saat menyusui, apalagi di masa-masa awal, normal jika puting terasa sakit atau nyeri. Ya Moms, ini karena Anda masih belum terbiasa menyusui sepanjang waktu atau belum mendapatkan posisi pelekatan yang tepat. Bahkan tak hanya nyeri, puting ibu menyusui juga bisa lecet, luka bahkan berdarah.
ADVERTISEMENT
Bagaimana mengatasinya?
Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dicoba, namun sebagian ibu memilih menggunakan sejenis krim khusus. Di pasaran, memang terdapat berbagai merek krim yang mengklaim dapat membantu mengatasi masalah ini. Krim jenis ini juga dikenal dengan istilah nipple cream.
Nipple cream dipercaya dapat membantu memperlambat hilangnya kelembapan dari puting sehingga dapat sembuh lebih cepat dan membuat Anda menjadi lebih nyaman menyusui.
Lantas, bagaimana cara memilih krim yang tepat?

Cara Memilih Krim yang Tepat untuk Ibu Menyusui

Tips Pilih Krim krim untuk Puting Lecet saat Menyusui  (76091)
Cara Memilih Krim yang Tepat untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock
Untuk memilih krim untuk atasi puting yang lecet saat menyusui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1.Bahan
Mengutip What to Expect, saat memilih nipple cream harus yang bahannya aman untuk bayi. Alasannya karena krim butuh waktu untuk meresap ke dalam kulit, sehingga jika si kecil tiba-tiba ingin menyusu tidak akan ada efek samping.
ADVERTISEMENT
American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan nipple cream yang menggunakan lanolin tingkat medis yang dimurnikan. Tetapi jika Anda memiliki alergi lanolin atau ingin pilihan lain, bisa juga menggunakan produk yang mengandung zaitun, kelapa, kakao, atau shea butter.
Jangan memilih nipple cream yang mengandung petroleum jelly, karena tidak aman jika tertelan oleh bayi. Hindari juga krim yang mengandung vitamin E, karena para ahli belum mengetahui keamanannya jika tertelan oleh bayi.
Anda harus menghindari apa pun yang mengandung petroleum jelly, yang tidak aman untuk ditelan oleh bayi Anda. Hindari juga krim yang mengandung vitamin E, karena para ahli tidak tahu seberapa aman untuk dikonsumsi bayi.
2.Konsistensi
Tips Pilih Krim krim untuk Puting Lecet saat Menyusui  (76092)
Ilustrasi mencoba krim di tangan Foto: Shutterstock
Babylist melansir, jangan memilih krim yang terlalu padat dan lengket karena sulit digunakan dan juga menyerapnya lama. Selain itu, krim dengan konsistensi yang tidak pas mungkin akan mengotori bra karena meninggalkan bekas minyak.
ADVERTISEMENT
Jika konsistensinya terlalu lengket pun akan mengganggu si kecil saat menyusu. Sehingga pilihlah krim yang konsistensinya agak cair dan mudah dihapus.
3.Bau dan Rasa
Bau dan rasa dalam nipple cream tergantung dari bahan-bahannya. Namun, mungkin lebih baik memilih yang memiliki sedikit aroma dan rasa Moms.