Mom
·
7 Juni 2021 13:49
·
waktu baca 3 menit

Tips Pilih Sepatu Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Pilih Sepatu Bayi (41507)
Tips Pilih Sepatu Bayi Foto: Shutterstock
Memilih sepatu untuk bayi, bisa jadi hal yang menyenangkan atau membuat semangat orang tua. Apalagi, kini semakin banyak jenis dan model sepatu bayi yang bisa dipilih. Semua bagus, lucu dan menggemaskan!
ADVERTISEMENT
Karena ada begitu banyak pilihan, tak jarang orang tua merasa kebingungan untuk memilih sepatu mana yang paling cocok untuk buah hatinya.
Namun ingat Moms, kaki bayi sangat lembut dan masih rapuh. Jadi penting bagi orang tua untuk memilih sepatu yang tepat untuknya. Sepatu bayi juga harus membuat si kecil merasa nyaman dan tidak mengganggu perkembangan kakinya.
Today’s Parent melansir, menurut dokter anak yang berpraktik di Arnold Palmer Hospital For Children Orlando, Dr. Jean Moorjani waktu yang tepat untuk membeli sepatu adalah saat bayi mulai aktif berjalan. Sepatu dibutuhkan sebagai perlindungan dari benda tajam dan infeksi yang dapat anak dapatkan ketika berada di luar ruangan .
“Untuk bayi yang baru berjalan, cari sepatu bersol lembut dan fleksibel untuk membantunya dalam mengambil langkah. Sol yang terlalu berat akan membuat anak mudah tersandung,” kata dr. Moorjani.
ADVERTISEMENT
Apa lagi yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bayi?

Tips Memilih Sepatu untuk Bayi

Tips Pilih Sepatu Bayi (41508)
Tips Memilih Sepatu untuk Bayi FotoL Shutterstock
1. Pilih sepatu yang ringan
Jika Anda ingin si kecil bergerak dengan nyaman, pilih lah sepatu yang ringan untuknya. Mengutip Life With My Littles, bayi yang baru mulai berjalan tidak akan suka menggunakan sepatu berat yang justru membuatnya kesulitan untuk berjalan.
2. Sesuaikan dengan kebutuhan
Bayi yang belum bisa berjalan membutuhkan sepatu yang berbeda dengan bayi yang sudah bisa berjalan. Sepatu bayi biasanya memiliki 3 tahapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, yaitu prewalker, bayi yang baru bisa berjalan dan mereka yang sudah aktif jalan atau berlarian.
Tips Pilih Sepatu Bayi (41509)
Kiat memilih sepatu yang tepat untuk bayi Foto: Shutterstock
3. Sepatu harus fleksibel
Sepatu yang fleksibel sangat penting untuk bayi yang belum bisa berjalan. Coba lah untuk memilih sepatu yang memiliki sol luar yang fleksibel agar sesuai dengan bentuk dan gerakan kaki bayi. Sehingga, si kecil masih menggerakkan jari-jari kakinya meski belum bisa berjalan.
ADVERTISEMENT
4. Pilih sepatu yang mudah dipakai
Tidak peduli seberapa lucunya sepatu bayi, tapi jika sepatu tersebut sulit dipakai tentu akan merepotkan, Moms. Pilihlah sepatu bayi dengan penutup sederhana agar mudah dipasang dan dilepas, sehingga mudah untuk memasukkan kaki bayi Anda ke dalamnya. Sebaiknya, hindari penggunaan sepatu bayi dengan tali-talian yang rumit.
Tips Pilih Sepatu Bayi (41510)
Memilih sepatu bayi tidak boleh sembarangan Foto: Shutterstock
5. Pilih sepatu yang tidak terlalu ketat
Kita sebagai orang dewasa tidak suka menggunakan sepatu yang ketat, begitu pula dengan bayi. Sepatu yang ketat biasanya akan membuat si kecil tidak nyaman bahkan merasa kesakitan.
Oleh sebab itu, penting untuk memilih sepatu yang tidak terlalu ketat untuk membuat anak merasa nyaman. Ini juga akan membantu kaki si kecil bernapas lho, Moms.
ADVERTISEMENT
6. Pilih sepatu yang alasnya tidak licin
Bayi yang sudah bisa berjalan pasti akan mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Tak jarang, mereka akan berlarian untuk di rumah dan mungkin akan membuatnya terjatuh apabila menggunakan alas kaki yang licin.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis