Mom10 September 2020 8:49

Tips Redakan Kram Perut di Trimester Pertama Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Tips Redakan Kram Perut di Trimester Pertama Kehamilan (59800)
Kram perut di trimester awal . Foto: Shutterstock
Ada beberapa gejala kehamilan yang umum dirasakan di awal trimester, misalnya saja kram perut. Ya Moms, bila ini adalah kehamilan pertama Anda, beberapa ibu hamil biasanya khawatir tentang kondisi kram perut ini. Kira-kira normal enggak, ya?
ADVERTISEMENT
Mengutip American Pregnancy, sebenarnya sangat normal ibu hamil merasakan kram perut sejak awal kehamilan. Pada kondisi yang umum, kram perut pada trimester pertama kehamilan biasanya disebabkan akibat adanya gas berlebih di dalam perut, konstipasi, perubahan ukuran rahim, orgasme saat berhubungan seks atau meningkatnya aliran darah ke rahim Anda.
Selain itu, kram perut pada trimester pertama--terutama pada awal kehamilan, juga bisa menjadi tanda pertama bahwa Anda sedang hamil. Kram perut seperti ini biasa disebut sebagai kram implantasi, Moms. Rasanya sama seperti saat Anda kram menstruasi. Kondisi ini terjadi karena reaksi pembuahan yang tengah berproses.

Cara Redakan Kram Perut di Awal Kehamilan

Tips Redakan Kram Perut di Trimester Pertama Kehamilan (59801)
Kram perut di trimester pertama Foto: Shutterstock
Meski tergolong normal, kram perut pada trimester pertama kehamilan bisa membuat Anda merasa serba salah dan tidak nyaman untuk beraktivitas. Sebagai solusinya Anda bisa beristirahat yang cukup saat kram perut melanda, berbaring pada sisi berlawan dari tempat rasa sakit Anda, mandi air hangat, tetap rileks dan tenang, dan minum banyak cairan.
ADVERTISEMENT
Cobalah untuk melakukan beberapa gerakan ringan untuk menghilangkan kram perut yang mungkin disebabkan oleh banyaknya gas yang ada pada perut.

Waspadai Kram Perut dengan Gejala Lain

Tips Redakan Kram Perut di Trimester Pertama Kehamilan (59802)
Kram perut di awal kehamilan. Foto: Shutterstock
Kram perut pada trimester pertama kehamilan dikatakan tidak normal apabila sakit perut hingga Anda pingsan, disertai dengan flek atau pendarahan, menggigil, muntah, demam, terasa nyeri pada punggung bawah, sakit saat buang air kecil, atau kram perut terasa sangat berat dan tak kunjung reda.
Pada laman what to expect dijelaskan, kram perut pada trimester pertama yang disertai dengan gejala-gejala lain, bisa jadi sebuah tanda bahwa kehamilan Anda berisiko seperti keguguran atau kehamilan ektopik yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim, Moms.
ADVERTISEMENT
Segera kunjungi dokter atau bidan terdekat bila Anda mengalami kram perut disertai tanda-tanda di atas pada trimester pertama kehamilan. Kram perut dengan kondisi seperti itu perlu mendapat penanganan medis secepatnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white