Mom
·
21 Juli 2021 8:59
·
waktu baca 2 menit

Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37530)
searchPerbesar
Ilustrasi anak bahagia. Foto: Shutterstock
Indonesia memeringati Hari Anak Nasional tiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Sementara, perayaan Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni.
ADVERTISEMENT
Meski terdapat perbedaan, sebenarnya hari anak mempunyai tujuan yang sama, yaitu melindungi dan memenuhi hak-hak setiap anak. Ya Moms, itulah kenapa, hari anak perlu diperingati, agar seluruh masyarakat--terutama orang tua, ingat untuk melindungi dan memenuhi hak-hak setiap anak.
Tak hanya Indonesia, beberapa negara lainnya juga memiliki Hari Anak Nasional yang selalu dirayakan setiap tahunnya. Bahkan, negara-negara tersebut juga memiliki sejarah yang unik terkait penetapan hari anak. Seperti apa? Berikut informasinya, Moms.

Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara

1. India
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37531)
searchPerbesar
Ilustrasi anak kembar di sebuah desa di India. Foto: Shutter Stock
Penetapan Hari Anak Nasional di India pada tanggal 14 November merupakan bentuk penghormatan untuk Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru. Ia dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan pendidikan anak. Hari Anak di India dirayakan untuk meningkatkan kesadaran akan hak, perawatan dan pendidikan anak.
ADVERTISEMENT
2. Jepang
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37532)
searchPerbesar
Ilustrasi anak Jepang. Foto: Shutter Stock
Hari Anak Nasional di Jepang diperingati setiap tanggal 5 Mei sejak 1948. Mulanya, hari tersebut merupakan perayaan pertumbuhan anak laki-laki yang disebut “Tango no Sekku.” Seiring berjalannya waktu, akhirnya pemerintah Jepang menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Anak Nasional.
3. Korea Selatan
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37533)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu dan anak di Korea Selatan. Foto: Instagram @euniepark_
Hari Anak Nasional dalam bahasa Korea disebut Eorini Nal yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Mei. Hari Anak Nasional di Korea sudah ada sejak tahun 1920, karena adanya pergerakan dari sejumlah anak kecil yang meminta status sosial mereka diperhatikan. Awalnya, Hari Anak Nasional di Korea jatuh pada tanggal 1 Mei, namun diubah karena bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia.
4. Thailand
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37534)
searchPerbesar
Sejumlah gajah yang mengenakan kostum Sinterklas bersama anak anak sekolah membentuk barisan menyerupai pohon saat perayaan Natal di Ayutthaya, Thailand. Foto: AFP/Mladen ANTONOV
Peringatan Hari Anak Nasional di Thailand dikenal cukup unik. Sebab, Negeri Gajah Putih ini tidak memiliki tanggal pasti untuk merayakan hari tersebut. Ya Moms, Hari Anak Nasional di Thailand selalu dirayakan pada hari Sabtu di minggu kedua bulan Januari. Pada tahun 2021 ini, Hari Anak Nasional di Thailand jatuh pada tanggal 9 Januari lalu.
ADVERTISEMENT
5. Turki
Uniknya Penetapan Hari Anak Nasional di Berbagai Negara (37535)
searchPerbesar
Ilustrasi anak-anak di Turki. Foto: REUTERS
Tanggal 23 April selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional di Turki. Momen ini selalu dirayakan dengan meriah, karena bertepatan juga dengan hari ulang tahun Majelis Grand National Turki (Parlemen). Biasanya, anak-anak dan keluarganya selalu mengunjungi Museum Ataturk untuk merayakan Hari Anak.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis