Mom
·
18 Juli 2021 14:03
·
waktu baca 2 menit

Vitamin untuk Si Kecil yang Positif COVID-19 Seperti Anak Nycta Gina

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Vitamin untuk Si Kecil yang Positif COVID-19 Seperti Anak Nycta Gina (87876)
searchPerbesar
Vitamin untuk Si Kecil yang Positif COVID-19 Seperti Anak Nycta Gina Foto: Instagram/@missnyctagina
Baru-baru ini Nycta Gina memberikan kabar bahwa anak sulungnya, Panutan Adhya Semesta Trinycta alias Uta sempat positif COVID-19. Hal ini diumumkan perempuan yang akrab disapa Gina tersebut di salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
ADVERTISEMENT
Dalam unggahan itu, Gina mengatakan bahwa Uta memang sempat demam dan pilek pada (27/5) lalu. Kemudian, si kecil menjalani tes PCR dan hasilnya ia positif COVID-19. Sementara, seluruh anggota keluarga lainnya saat menjalani tes PCR hasilnya negatif.
Selama dua minggu menjalani isolasi mandiri di rumah, istri dari Rizky Kinos itu pun dibanjiri pertanyaan seputar obat dan vitamin yang ia berikan pada anaknya saat terpapar COVID-19. Ia pun menjawab bahwa anaknya tidak minum antivirus, hanya diberikan obat-obatan sesuai gejala yang sudah direkomendasikan oleh dokter.
"Jadi cuma vitamin sama simptomatis saja sesuai gejala. Vitaminnya itu multivitamin yang ada vitamin C, vitamin D, dan zinc," tulis Nycta Gina dalam unggahannya.

Penjelasan soal Vitamin yang Perlu Disiapkan Bila Anak Positif COVID-19

Vitamin untuk Si Kecil yang Positif COVID-19 Seperti Anak Nycta Gina (87877)
searchPerbesar
Ilustrasi obat-obatan dan vitamin. Foto: Shutter Stock
Moms, COVID-19 memang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak. Memang, sebagian besar kasus COVID-19 pada anak terjadi tanpa gejala atau bergejala ringan. Sehingga, si kecil dapat melakukan isolasi mandiri di rumah seperti anak Nycta Gina.
ADVERTISEMENT
Tapi, beberapa orang tua mungkin masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan bila anak positif COVID-19. Misalnya saja soal vitamin yang perlu dikonsumsi anak. Nah, sebagai acuan, berikut adalah panduan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang perlu Anda ketahui, Moms,

Vitamin yang Perlu Disiapkan

1. Multivitamin C, D dan Zinc.
-Dosis vitamin C:
1-3 tahun: maksimal 400 mg/hari.
4-8 tahun: maksimal 600 mg/hari.
9-13 tahun: maksimal 1200 mg/hari.
14-18 tahun: maksimal 1800 mg/hari.
-Dosis vitamin D:
Vitamin untuk Si Kecil yang Positif COVID-19 Seperti Anak Nycta Gina (87878)
searchPerbesar
Ilustrasi Vitamin D. Foto: Shutter Stock
<3 tahun: 400 U/hari.
Anak-anak: 1000 U/hari.
Remaja: 2000 U/hari.
Remaja obesitas: 5000 U/hari.
-Dosis zinc:
20 mg/hari selama 14 hari.
Lantas, bagaimana dengan obat? Nah Moms, untuk obat sendiri, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebab, dokter biasanya akan meresepkan obat sesuai dengan gejala yang dialami si kecil. Jadi, pastikan Anda tidak sembarangan dalam memberi obat. Jangan lupa juga, selama si kecil melakukan isolasi mandiri, tetap berikan dukungan secara psikologis untuk anak agar segera pulih kembali ya, Moms!
ADVERTISEMENT