Mom
·
2 Juni 2020 10:52

Waspada! Bercak Putih di Kuku Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada! Bercak Putih di Kuku Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan (125344)
Anak Gigit Kuku Foto: Shutterstock
Kuku anak mungkin jadi salah satu bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian. Biasanya, mata orang tua tertuju pada kuku si kecil bila sudah terlihat panjang atau kotor saja.
ADVERTISEMENT
Padahal kondisi kuku bisa menunjukan kesehatan seorang anak, Moms. Bila kuku si kecil berkilau dan berwarna merah muda samar-samar, artinya kesehatannya baik. Sebaliknya, jika terjadi perubahan warna, kuku rapuh, hingga terdapat bercak putih, maka Anda perlu waspada. Sebab, kondisi itu bisa jadi menunjukkan adanya masalah kesehatan pada si kecil.
Lantas, apa penyebab munculnya bercak putih pada kuku anak? Dilansir Parenting First Cry, bercak putih yang disebut leukonychia itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:
Waspada! Bercak Putih di Kuku Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan (125345)
Bercak putih di kuku. Foto: Shutter Stock

1. Cedera Kuku

Bercak putih yang ada di kuku anak bisa terjadi karena adanya cedera atau trauma, seperti kuku terbentur ke meja atau salah saat memotong kuku. Karena itu biasanya kuku akan tumbuh agak sedikit lambat, dan terdapat luka sehingga membentuk bintik warna putih.
ADVERTISEMENT

2. Reaksi Alergi

Bercak putih pada kuku anak juga bisa terjadi karena adanya alergi ringan. Ya Moms, terkena atau terpapar bahan kimia tertentu bisa membuat munculnya bercak putih di kuku anak.
Selain adanya reaksi alergi, leukonychia juga dapat muncul karena efek samping dari obat atau perawatan tertentu, seperti kemoterapi sistemik, Moms.

3. Infeksi

Munculnya bercak putih pada kuku bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Jika tidak dirawat dan segera diobati, jamur bisa menyebar ke dasar kuku dan membuatnya menjadi rapuh.
Waspada! Bercak Putih di Kuku Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan (125346)
Bercak putih di kuku. Foto: Shutter Stock

4. Kurang Mineral

Dalam kasus yang sangat jarang, bercak putih pada kuku dapat terlihat jika anak mengalami defisiensi mineral tertentu seperti seng, Moms. Di sisi lain ada juga yang mengatakan bahwa bercak putih tersebut merupakan tanda kurang kalsium, tapi nyatanya banyak peneliti yang menyatakan bahwa itu tidak benar.
ADVERTISEMENT

5. Penyebab Lainnya

Selain karena beberapa poin di atas, bercak putih pada kuku anak juga bisa disebabkan karena: gagal ginjal, adanya masalah jantung, eksim atau psoriasis, arsenik atau keracunan timbal hingga radang paru-paru.
Oleh sebab itu, Moms, bila Anda menemukan banyak bercak putih di kuku anak, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter tentu akan memeriksa kuku anak terlebih dahulu, karena perawatan yang diberikan tergantung dengan penyebabnya. Apabila ternyata bercak putih tersebut disebabkan oleh infeksi jamur kemungkinan dokter akan meresepkan obat antijamur oral dan krim antijamur topikal. Sementara jika alergi maka dokter mungkin menyarankan untuk menghentikan penggunaan produk yang berkaitan dengan kuku dan memberikan beberapa obat anti-alergi.