Mom
·
24 Oktober 2020 12:23

Waspada Infeksi Bakteri, Ini Cara Aman Konsumsi Telur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada Infeksi Bakteri, Ini Cara Aman Konsumsi Telur (129)
Ilustrasi memecah telur. Foto: Shutterstock
Telur yang sehari-hari kita konsumsi memang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari protein, vitamin, hingga mineral. Namun, Anda juga harus memerhatikan hal-hal berikut ini agar telur aman dikonsumsi keluarga.
ADVERTISEMENT
Ancaman yang paling dikhawatirkan pada konsumsi telur adalah Salmonellosis, yaitu penyakit akibat infeksi bakteri Salmonella di perut dan usus.
Gejala yang terjadi, bisa mencret 2-3 kali sehari, diare parah, kram perut, demam hingga muntah-muntah yang disertai sakit kepala.
Dilansir situs resmi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), Dr. Cut Nurul Hafifah, SpA memberikan tips agar telur aman dikonsumsi bagi anggota keluarga berikut ini.

Tips Aman Mengolah Telur untuk Konsumsi Keluarga

Pertama, pilihlah telur yang utuh. Sebaliknya, hindari membeli telur yang telah retak dan kotor. Pada telur yang retak, kemungkinan untuk tercemar bakteri Salmonella bisa meningkat.
Kedua, simpan telur di lemari pendingin dengan suhu 0-4 derajat celsius.
Ketiga, sebelum Anda bersentuhan dengan telur mentah sebaiknya cuci tangan Anda. Termasuk juga, jaga kebersihan alat yang Anda gunakan untuk memasak telur.
Waspada Infeksi Bakteri, Ini Cara Aman Konsumsi Telur (130)
Ilustrasi memisahkan telur Foto: Shutter Stock
Keempat, hindari mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Ini terutama bagi balita, ibu hamil dan lansia di keluarga Anda.
ADVERTISEMENT
Kelima, pastikan Anda memasak bagian putih dan kuning telur hingga mengeras. Upayakan, suhu Anda memasak telur mencapai minimal 71 derajat celcius.
Jangan khawatir telur akan kehilangan nutrisi ketika matang, justru telur akan lebih mudah dicerna.