kumparan
16 November 2019 9:02

Yang Akan Dialami Cucu Ketiga Jokowi dalam 48 Jam Pertama Hidupnya

Cucu ketiga Presiden Joko Widodo telah lahir! Ya Moms, Selvi Ananda, istri dari Gibran Rakabuming Raka, telah melahirkan anak keduanya pada Jumat (15/11) di RS PKU Muhammadiyah Solo.
ADVERTISEMENT
Saat ini Selvi maupun bayinya dikabarkan dalam keadaan sehat, dalam tahap pemulihan pasca bersalin.
Tak seperti bayi lainnya, kelahiran si kecil yang jadi adik dari Jan Ethes ini menarik perhatian ribuan bahkan mungkin jutaan orang di Indonesia. Meski begitu, ada hal-hal yang seperti bayi-bayi lain juga akan dialami cucu ketiga Presiden Jokowi ini dalam 48 jam pertama hidupnya.
Apa saja?
Selvi Ananda di acara Moms Mingle.
Selvi Ananda. Foto: Willy Hadinata
1 Menit Pertama
Bayi akan mengikuti tes Apperance, Pulse, Grimance, Activity, Reaction (APGAR). Tes ini dilakukan untuk menilai kemampuan bayi beradaptasi terhadap kehidupan di luar rahim ibunya.
Saat tes APGAR dilakukan, ada lima karakteristik yang akan diamati, yaitu warna tubuh, detak jantung, refleks, tonus otot dan pernapasan bayi.
ADVERTISEMENT
Setiap karakteristik pemeriksaan tersebut memiliki nilai dan arti masing-masing. Skor APGAR tertinggi adalah 10. Bila skor APGAR 4 sampai 6, artinya bayi membutuhkan resusitasi.
Sementara bila skor tersebut di bawah 4, artinya bayi membutuhkan perawatan yang lebih agar tetap bertahan hidup.
2 Menit Pertama
Bila skor APGAR cucu ketiga Presiden Jokowi cukup baik maka bayi akan menjalani IMD (Inisiasi Menyusu Dini) di dada ibu.
5 Menit Pertama
Tes APGAR dilakukan kembali, apabila skor APGAR bayi bermasalah pada tes yang pertama. Apabila pada tes kedua, skornya lebih tinggi, maka kemungkinan hidupnya lebih besar. Namun apabila tetap rendah, bayi Anda akan menjalani perawatan intensif di rumah sakit.
Jan Ethes dan Selvi Ananda di Moms Mingle.
Jan Ethes dan Selvi Ananda. Foto: Willy Hadinata
30-60 Menit Pertama
ADVERTISEMENT
Umumnya, bayi akan menyusu untuk pertama kalinya. Selvi Ananda sendiri sebelumnya telah menyampaikan tekadnya untuk menyusui anak keduanya ini.
"Saya menyusui Ethes, ASI saja itu sampai 18 bulan. Di anak kedua ini, saya (menyusui) tekadnya bisa sampai 2 tahun," kata Selvi Ananda kepada kumparanMOM dalam satu sesi wawancara ekslusif di Bogor bulan Agustus lalu. Saat itu, usia kehamilannya baru menginjak 6 bulan.
1-2 Jam Pertama
Memasuki 1 hingga 2 jam pertama, cucu ketiga Jokowi mungkin akan dipisahkan dari Selvi Ananda. Karena pada rentang waktu inilah biasanya bayi baru lahir akan dibawa ke ruang khusus bayi untuk pengambilan catat medik.
Seperti pengambilan darah untuk mengetahui golongan darahnya, mengukur tinggi, berat badan dan lingkar kepala.
ADVERTISEMENT
Selain itu, mata bayi juga akan diberi obat tetes untuk mencegah infeksi. Setelah rapi, anak kedua dari Gibran Rakubuming itu kemungkinan besar akan dikembalikan kepada sang ibu, Selvi Ananda.
24 Jam Pertama
Bayi akan beristirahat. Kemudian dia akan bangun, menangis, menyusu dan membuka mata untuk melihat sekeliling, walaupun penglihatannya belum berfungsi dengan benar.
48 Jam Pertama
Cucu ketiga Jokowi mungkin akan diperiksa oleh dokter spesialis anak yang menanganinya. Apabila bayi Anda sehat, biasanya dokter mengizinkan Anda pulang dari rumah sakit.
Tetapi apabila ia mengalami masalah seperti kadar bilirubinnya melebihi batas yaitu 5 miligram per hari, maka dokter umumnya tidak akan mengizinkan bayi untuk kembali ke rumah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan