Mom
·
13 Januari 2021 12:07

Yang Perlu Diketahui Soal Bansos Program Keluarga Harapan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yang Perlu Diketahui Soal Bansos Program Keluarga Harapan (27257)
Ilustrasi warga yang perlu mendapat bansos. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Di awal tahun 2021 ini, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mulai menyalurkan bantuan sosial atau bansos ke masyarakat. Penyaluran bantuan sudah diresmikan Presiden Jokowi pada pekan lalu.
ADVERTISEMENT
Pada acara peresmian tersebut, ada tiga jenis bansos yang sudah mulai disalurkan pada 4 Januari 2021. Ketiga program tersebut adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Pembagian Bansos Program Keluarga Harapan

Ya Moms, Risma secara spesifik akan memberikan bansos untuk keluarga lewat Program Keluarga Harapan (PKH). Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Sosial melalui akun instagramnya, salah satu bantuan PKH yang diberikan adalah untuk ibu hamil dan balita yang masing-masing mendapatkan Rp 3 juta.
"Ibu hamil Rp 3 juta. Anak usia dini Rp 3 juta," demikian dikutip dari akun instagram Kemensos @kemensosri, Selasa (12/1).
Yang Perlu Diketahui Soal Bansos Program Keluarga Harapan (27258)
Mensos Tri Rismaharini. Foto: Dok. Istimewa
Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan melalui Himpunan Bank Negara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN).
ADVERTISEMENT
Selain itu, anak usia sekolah juga akan mendapatkan bansos. Rinciannya sebagai berikut:
  • SD/MI/Sederajat: Rp 900 ribu
  • SMP/MTS/Sederajat: Rp 1,5 juta
  • SMA/MA/Sederajat: Rp 2 juta
Tak hanya itu, penyandang disabilitas berat dan lansia di atas 70 tahun juga mendapatkan bantuan senilai Rp 2,4 juta.
Ada pun total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk bansos tahun ini senilai Rp 110 triliun, dan dibagikan bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi COVID-19 serta menggerakkan ekonomi nasional.
Yang Perlu Diketahui Soal Bansos Program Keluarga Harapan (27259)
Koordinator MAKI Boyamin Saiman menunjukkan sampel barang bukti berupa paket Bansos COVID-19 yang akan diserahkan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/12). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Risma mengatakan, PKH dibagikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran sebesar Rp 7,17 triliun.
"Program Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM disalurkan pada Januari dengan total anggaran Rp 3,376 triliun. Bansos Tunai untuk 10 juta KPM disalurkan pada Januari dengan anggaran Rp 13,93 triliun," kata Risma.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, semoga saja penyaluran bansos bisa berjalan dengan lancar dan bisa membantu banyak keluarga di masa pandemi ini.