com-Ilustrasi anak minum susu.
7 Desember 2020 19:52

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142006)
Ilustrasi anak minum susu. Foto: Shutterstock
Pandemi corona belum berakhir. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang virus penyakit.
ADVERTISEMENT
Memang, data anak yang terinfeksi COVID-19 tidak sebanyak orang dewasa, tapi bukan berarti kita tak perlu waspada. Ingatlah, Moms, daya tahan tubuh anak belum sebaik orang dewasa, sehingga si kecil lebih rentan terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh virus.
Nah Moms, untuk menjaga daya tahan tubuh anak selama pandemi, Anda bisa melakukan beberapa cara ini.

4 Hal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak saat Pandemi

Olahraga Teratur

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142007)
Ilustrasi anak olahraga. Foto: Shutterstock
Ajaklah anak untuk rutin berolahraga. Dilansir Parents, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga bisa meningkatkan jumlah sel antibodi pada tubuh anak.
Jadi, selama di rumah, Anda bisa mengajak si kecil olahraga ringan di dalam ruangan. Misalnya saja, melakukan yoga bersama, zumba, atau lompat tali. Pastikan anak Anda bergerak aktif setiap hari ya, Moms.
ADVERTISEMENT

Istirahat Cukup

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142008)
Ilustrasi anak tidur. Foto: Shutterstock
Tidur adalah kegiatan sederhana yang ternyata punya banyak manfaat untuk anak. Penelitian menunjukkan, tidur yang cukup bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak, meningkatkan kemampuan memorinya, serta menjaga kesehatan mental dan fisiknya.
Bila anak Anda kurang tidur, maka ia berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga depresi. Oleh sebab itu, pastikan anak Anda punya kualitas tidur yang baik setiap harinya.

Jaga Kebersihan Diri

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142009)
Ilustrasi anak cuci tangan. Foto: Shutterstock
Rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona. Sesuai panduan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Anda perlu mengajarkan anak cara mencuci tangan yang benar, yaitu menggunakan sabun dan air mengalir. Pastikan pula anak mencuci tangan selama 20 detik.
Sementara itu, dalam kondisi darurat dan tidak tersedia air atau sabun, maka beri tahu anak Anda untuk menggunakan hand sanitizer. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen, agar efektif membunuh virus dan bakteri.
ADVERTISEMENT

Konsumsi Makanan Bergizi

Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142010)
Ilustrasi anak makan makanan bergizi Foto: Shutterstock
Pastikan pula Anda memberikan si kecil makanan dengan gizi seimbang. Ya Moms, sediakan anak anda makanan yang bervariasi dan mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang cukup bagi tubuh. Misalnya saja, nasi, sayur, ikan, tempe dan sebagainya.
Anda juga perlu mengganti serta mengolah menu makanan anak dengan baik agar si kecil tidak bosan. Maka, pintar-pintarlah mengatur menu makan hariannya, Moms. Menu yang bervariasi akan membuat anak-anak tetap berselera mengonsumsi makanan yang Anda sajikan.
Yang Perlu Orang Tua Lakukan untuk Jaga Daya Tahan Anak di Masa Pandemi (142011)
Susu Indomilk. Foto: Indomilk
Selain itu, Anda juga bisa memberikan si kecil susu setiap harinya. Dengan minum 2 gelas susu cair Indomilk UHT 1L bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, serta kandungan kalsium yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang. Susu cair Indomilk UHT 1L tersedia dalam dua varian rasa, yaitu full cream dan cokelat.
ADVERTISEMENT
Artikel ini bekerjasama dengan Indomilk

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white