Vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Bio Farma
8 Desember 2020 11:58

1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Bio Farma Fokus Persiapkan Distribusi ke Daerah

1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Bio Farma Fokus Persiapkan Distribusi ke Daerah (412797)
Dirut Biofarma Honesti Basyir Foto: Facebook/Honesti Basyir
Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin corona Sinovac telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) malam. Vaksin itu pun telah dikirim ke Gedung Bio Farma di Bandung untuk disimpan sebelum didistribusikan ke daerah.
ADVERTISEMENT
"Selanjutnya Bio Farma akan fokus pada penyebaran vaksin COVID-19. Dan akan melakukan berbagai persiapan agar siap melakukan pendistribusian setelah mendapatkan izin penggunaan dari Badan POM," ujar Dirut Bio Farma Honesti Basyir dalam konferensi pers, Selasa (8/12).
Honesti mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan proses distribusi terbaik. Mengingat vaksin harus dibawa dengan tempat penyimpanan yang selalu dalam kondisi dingin bersuhu 2 sampai 8 derajat celsius.
"Distribusi vaksin harus memenuhi good distribution practice di mana dalam proses distribusi dari Bio Farma hingga ke klinik ataupun ke fasilitas kesehatan. Harus memperhatikan sistem rantai dingin ataupun cold chain system untuk menjamin kualitas vaksin tetap terjaga," ucap Honesti.
1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Bio Farma Fokus Persiapkan Distribusi ke Daerah (412798)
Vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Selain itu digitalisasi juga disiapkan untuk memudahkan masyarakat. Jadi sistem satu data dari mulai distribusi hingga vaksinasi pun disiapkan Bio Farma bekerja sama dengan PT Telkom.
ADVERTISEMENT
"Suatu sistem end to end untuk pengadaan mandiri maupun pemerintah sedang dikembangkan oleh Bio Farma. Dan kami bekerja sama dengan berbagai lembaga/kementerian, termasuk dengan Telkom dan beberapa pihak lainnya," kata Honesti.
Terakhir, Honesti kembali mengingatkan agar masyarakat tidak puas diri melihat vaksin Sinovac yang telah datang ke Tanah Air. Kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, menurutnya tetap diperlukan sebelum efficacy dan mutu dari vaksin benar-benar teruji.
"Walaupun vaksin telah tiba di Indonesia kami sekali lagi mengingatkan masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap displin menjalankan 3M: memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan," tutupnya.