kumparan
28 Agustus 2017 4:59

15 Ton Garam Coba Diselundupkan dari Malaysia

Garam selundupan asal Malaysia (Foto: Dok. Divhumas Polri)
Polisi menggagalkan upaya penyelundupan garam dari Malaysia. Garam seberat 15 ton itu ditemukan dalam sebuah kapal yang berlayar di perairan Selat Philip, Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
Saat beraksi penyelundup menggunakan kapal Amanahan II untuk mengangkut garam ilegal tersebut. "Kapal berlayar dari Pasir Gudang Malaysia menuju Moro, (Kepulauan Riau) Indonesia," kata Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri, Brigadir Jenderal Lotharia Latif, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin (28/8).
Latif menjelaskan, penangkapan kapal penyelundup garam tersebut berawal dari patroli pada Jumat (25/8) dini hari. Petugas yang berpatroli mencurigai kapal Amanahan II langsung memeriksanya. Polisi kemudian menemukan 15 ton garam, 20 keranjang buah kelengkeng, dan ikan dalam 611 tempat penyimpanan.
Saat diperiksa, sebut Latif, kapal itu dinahkodai seorang berinisial JDH. Dia membawa 11 anak buah kapal dalam perjalanan tersebut.
JDH yang tidak bisa menunjukan dokumen perjalanan dan barang bawaannya, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Dia diduga coba mencari keuntungan lewat barang yang dibawa tanpa melewati prosedur seharusnya.
Garam selundupan asal Malaysia (Foto: Dok. Divhumas Polri)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan