kumparan
5 Agustus 2018 10:25

170 Terduga Teroris Jadi Tersangka Terkait Bom Surabaya

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Tiba di Mapolda Metro Jaya
Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di Mapolda Metro Jaya. (Foto: Kumparan/ Mirsan Simamora)
Densus 88 telah memeriksa 242 terduga teroris yang ditangkap setelah peristiwa bom Surabaya. Setelah pemeriksaan intensif, 170 di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.
ADVERTISEMENT
“Sudah 170-an yang tersangka, Insyaallah aman,” kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai mengikuti pemecahan rekor dunia Tari Poco-poco di Lapangan Simpang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/8).
Para teroris yang sudah ditetapkan sebagai tersangka masih menjalani pemeriksaan di polda dan polres tempat mereka ditangkap. Untuk sementara, mereka ditahan di sana.
“Ada di Polda dan Polres,” ujarnya.
Sebelumnya, menjelang Asian Games 2018, Densus 88 telah menangkap 37 terduga teroris di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Sejumlah terduga teroris tersebut di antaranya merupakan sel Jemaah Ansharut Daullah (JAD) Jawa Barat. Dengan penangkapan itu, total 242 terduga teroris yang sudah ditangkap Densus 88 di berbagai daerah.
“Ancaman tadi saya sudah sampaikan kita waspadai aksi terorisme. Tapi tidak perlu takut berlebihan karena kita sudah lakukan penangkapan 242 orang dan kita akan terus berlanjut penangkapan itu,” kata Tito usai acara Arahan Panglima TNI dan Kapolri dalam Rangka Pengamanan Asian Games 2018 di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (30/7).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan