kumparan
search-gray
News24 Juni 2020 12:02

18 Tenaga Medis RS Ganesha Bali Positif Corona, 4 Layanan Kesehatan Ditutup

Konten Redaksi kumparan
Simulasi penanganan pasien virus Corona
Tim medis melakukan penanganan terhadap seorang pasien saat simulasi penanganan pasien virus Corona di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, Bali. Foto: Antara/Fikri Yusuf
Sebanyak 18 tenaga kesehatan (nakes) di RSU Ganesha yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, terpapar virus corona. Akibatnya, 4 unit layanan kesehatan di rumah sakit swasta tersebut ditutup selama 14 hari.
ADVERTISEMENT
"Total 18 nakes Ganesha sudah dinyatakan positif virus corona," kata kata Ketua Harian Gugus Tugas Kabupaten Gianyar I Made Wisnu Wijaya dalam keterangan persnya, Rabu (24/6).
Kasus ini merupakan hasil penelusuran kontak dari dua nakes yang dinyatakan positif COVID-19, Jumat (29/5) lalu. Tim Kesehatan melakukan penelusuran kontak. Ada 16 orang dinyatakan positif virus corona. Mereka adalah 14 orang perawat, 1 orang bidan dan 1 orang petugas kebersihan.
"Sebagai upaya deteksi dini kemungkinan bertambahnya transmisi pada nakes di RS Ganesha, telah dilakukan rapid test atau swab. Rapid test sampai tanggal 19 Juni 2020, sebanyak 140 orang nakes dengan hasil rapid reaktif 3 orang dan swab dinyatakan positif," kata Wisnu.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, Tim Kesehatan RS Ganesha diminta menutup unit empat layanan di rumah sakit selama 14 hari. Yakni, Instalasi gawat darurat, ruang operasi bersalin, rawat inap lantai II dan unit poli jantung.
"Kita telah melakukan pengawasan ketat dan menutup selama 14 hari terhadap semua unit yang nakesnya terinfeksi. Ini sudah dilakukan sejak 8 hari yang lalu dan akan sampai 14 hari. Selanjutnya melakukan sterilisasi seluruh ruangan di ganesha," kata Wisnu/.
Sebelumnya, seorang anak usia 12 tahun terpapar COVID-19 sempat dirawat di RS Ganesha sebelum dirujuk ke RSUP Sanglah. Anak tersebut meninggal di RSUP Sanglah pada Minggu (31/5).
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white