News
·
18 Maret 2020 17:26

19 Penumpang Cathay Pacific yang Kontak dengan PDP Corona Dipulangkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
19 Penumpang Cathay Pacific yang Kontak dengan PDP Corona Dipulangkan (1909)
Pesawat Cathay Pacific Foto: Pixabay
Satu penumpang Cathay Pacific nomor penerbangan CX 779 dari Hong Kong dibawa ke Rumah Sakit RSUD Dr Soetomo pada Selasa (17/3). Ia menderita gejala mirip terjangkit virus corona saat berada di dalam pesawat. Sementara, 19 orang yang pernah kontak dengan penumpang tersebut diobservasi di Rumah Sakit Jiwa Menur.
ADVERTISEMENT
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, 19 orang yang sebelumnya diobservasi sudah dipulangkan hari ini.
“Tadi malam PDP tambah 1, ada warga kita yang baru pulang dari Hong Kong (melalui) dari Juanda dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Menur, tadinya ada 19, sudah kembali ke keluarga masing-masing,” ujar Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (18/3).
Meski sudah dipulangkan, 19 orang tersebut diminta melakukan isolasi secara pribadi.
Adapun jumlah orang di Jatim yang tengah dalam pantauan terkait corona berjumlah 29 orang. Sedangkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDB) ada 11 orang.
Sebelumnya, seorang WNI penumpang Cathay Pacific tersebut mendarat di Bandara Internasional Juanda dilarikan ke RSUD dr Soetomo. Ia menderita gejala mirip terjangkit virus corona saat berada di dalam pesawat.
ADVERTISEMENT
“Dirujuk ke RS Soetomo. Kalau sudah di situ kita beri label PDP, baru nanti hasil konfirmasi di RS baru sudah ketahuan dia apakah konfirmasi apakah hanya PDP,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, Muhammad Budi Hidayat, Surabaya, Selasa (17/3).
Budi menyebut pesawat Cathay Pacific tersebut mendarat di Juanda pukul 17.46 WIB, Selasa 17 Maret dengan membawa 75 penumpang.