kumparan
20 September 2019 17:36

2 Kelompok Massa Demo di Depan DPR, Jalur Lambat Arah Slipi Ditutup

Sejumlah massa yang mengaku dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda peduli KPK menggelar aksi menuntut segera melakukan pengesahaan Revisi UU KPK di kawasan gedung DPR, Jakarta (20/9). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Dua kelompok massa berdemonstrasi di depan gedung DPR/MPR RI. Salah satu kelompok mengaku datang dari masyarakat yang tergabung dari Dewan Persaudaraan Relawan Rakyat Indonesia dan emak-emak militan.
ADVERTISEMENT
Mereka memprotes Revisi UU KPK yang sudah disahkan. Perwakilan Dewan Persaudaraan Relawan Rakyat Indonesia Jalih Pitoeng menduga, revisi UU KPK melemahkan lembaga antirasuah itu.
"Kita banyak yang sudah kita tolak, yang pertama kita ikut menolak UU Ketenagakerjaan. Kedua, kita juga menolak revisi UU KPK. Karena disinyalir ada kelemahan KPK," kata Jalih di depan gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/9).
Sementara itu, di sisi lain ada massa yang mengaku sebagai mahasiswa juga berdemonstrasi, tepatnya di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO). Namun, sejumlah massa yang ditemui enggan untuk memberikan komentar.
Dari pantauan kumparan, akibat dua demo ini, Jalan Gatot Subroto arah Semanggi menuju Slipi ditutup. Dua mobil komando beserta massanya berkumpul di jalan depan gedung DPR.
ADVERTISEMENT
Massa yang kontra dengan DPR terlihat membawa atribut bendera bertuliskan kalimat tauhid. Massa pria yang datang juga terlihat menggunakan peci dan dilengkapi dengan sorban.
Sementara itu, massa yang mengaku sebagai mahasiswa menggunakan almamater dengan berbagai macam warna. Namun, tak dapat dipastikan dari universitas mana mahasiswa ini. Karena tak ada logo universitas di almamater mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan