News
·
8 Juli 2020 1:05

2 Nelayan asal NTT yang Terdampar di Pantai Timor Leste Dipulangkan ke Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
2 Nelayan asal NTT yang Terdampar di Pantai Timor Leste Dipulangkan ke Indonesia (82103)
Ilustrasi kapal tenggelam Foto: Pexels
Dua nelayan asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanes Nabu (36) dan Primus Taunais (24) dipulangkan dari Timor Leste ke Indonesia. Mereka terdampar di pantai Timor Leste, usai perahu motornya diterjang ombak pada Sabtu (4/7) lalu. Saat ini, masih ada 3 nelayan lagi yang kini belum ditemukan.
ADVERTISEMENT
“Pemulangan kedua nelayan dan perahunya berhasil dilakukan dalam satu hari karena koordinasi dan kerja sama yang baik dengan pemerintah Timor-Leste, khususnya Komandan Imigrasi Oecusse, Polisi Perbatasan Timor Leste, Bea Cukai dan Dinas Kesehatan Oecusse. Koordinasi juga dilakukan dengan petugas Pos Lintas Batas Negara Wini (PLBN Wini) di Kabupaten TTU,” Kepala Kantor Penghubung KBRI Dili, Marya Onny Silaban, dalam keterangan tertulis, Rabu (8/7).
“KBRI berusaha agar WNI dalam keadaan sehat dan aset-asetnya aman dan dapat dipulangkan dengan baik kembali ke Indonesia,” tambahnya.
2 Nelayan asal NTT yang Terdampar di Pantai Timor Leste Dipulangkan ke Indonesia (82104)
Kedua Nelayan TTU di pos perbatasan Timor Leste untuk dipulangkan Foto: KBRI Dili
Kedua korban berhasil ditemukan pada Minggu (5/7) malam. Yohanes dan Primus mengalami luka ringan dibagian perut. Mereka sempat terombang-ambing di laut selama satu hari sebelum akhirnya terdampar di Pantai Macassar Oecusse, Timor Leste.
ADVERTISEMENT
Komandan Imigrasi Oecusse, Timor Leste, Adelaida Da Rosa memastikan kedua nelayan asal Indonesia itu tak melanggar hukum di wilayahnya. Meraka memang benar-benar mengalami kecelakaan kerja sehingga dikembalikan ke negara asal.
“Pihak kepolisian Timor Leste memastikan bahwa kedua nelayan mengalami musibah/kecelakaan kerja, bukan terlibat kegiatan melanggar hukum, sehingga dapat segera dipulangkan ke Indonesia,” kata Adelaida.
Untuk memastikan kesehatan Yohanes dan Primus, pemerintah Timor Leste sempat melakukan tes COVID-19 terhadap keduanya serta mengisolasi keduanya selama 2 hari. Hasilnya pun negatif.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.