News
·
22 September 2020 12:55

270 Paus yang Terdampar di Australia, 90 di Antaranya Mati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
270 Paus yang Terdampar di Australia, 90 di Antaranya Mati (101277)
Paus pilot yang terdampar terlihat di Macquarie Heads, Tasmania, Australia, Senin (21/9). Foto: RYAN BLOOMFIELD/via REUTERS
Operasi penyelamatan terhadap 270 paus pilot yang terdampar di lepas pantai Tasmania, Australia dilakukan pada Selasa (22/9). Petugas berusaha mendorong paus-paus tersebut ke perairan yang lebih dalam dengan menggunakan alat.
ADVERTISEMENT
Ilmuwan pemerintah Australia mengatakan dari 270 paus yang terdampar sekitar 90 ekor paus yang terperangkap telah mati.
Ratusan paus pilot itu ditemukan terjebak pasir di Maquarie Harbour pada Senin (21/9),sekitar 200 km dari Ibu Kota Tasmania, Hobart. Berdasarkan video udara menunjukkan bahwa paus itu berada di gundukan pasir, sementara paus lainnya terlihat berjarak ratusan meter di tempat yang lebih dalam.
"Kami mendapati hewan semi-buoyant sehingga mungkin tidak perlu terlalu banyak usaha untuk mengapungkan mereka kembali ke air yang lebih dalam, dan hanya akan melibatkan sedikit dorongan dari kru khusus di dalam air," Kris Carlyon, seorang Pakar Biologi kepada media setempat, seperti dikutip dari Reuters.
270 Paus yang Terdampar di Australia, 90 di Antaranya Mati (101278)
Paus pilot yang terdampar di pasir di Pelabuhan Macquarie, dekat Strahan, Tasmania, Australia. Foto: AAP Image / Tasmania Police via REUTERS
Paus pilot adalah mamalia laut yang dapat tumbuh sepanjang 7 meter dan beratnya mencapai 3 ton.
ADVERTISEMENT
Carlyon menambahkan, mendorong paus ke laut memiliki tantangan yang lebih berat karena harus melawan arus laut kuat. Tim penyelamat menggunakan alat khusus untuk mendorong mereka ke perairan yang lebih dalam tim juga menjaga paus tetap tegak untuk menghindari disorientasi.
Sekitar 40 ilmuwan pemerintah, 20 polisi, dan nelayan serta relawan lokal terlibat dalam upaya penyelamatan paus tersebut. Kondisi perairan yang bergelombang dan lokasi terpencil lebih menjadi tantangan dalam upaya penyelamatan.
270 Paus yang Terdampar di Australia, 90 di Antaranya Mati (101279)
Paus pilot yang terdampar terlihat di Macquarie Heads, Tasmania, Australia, Senin (21/9). Foto: RYAN BLOOMFIELD/via REUTERS
Meski kondisi basah dan dingin dapat menguntungkan bagi paus itu untuk tetap bertahan hidup.
"Jika kondisinya tetap sama, mereka dapat bertahan beberapa hari," lanjut Carlyon.
Belum diketahui secara pasti mengapa paus bisa terdampar, namun paus hidup berkelompok yang mengikuti pemimpin kelompoknya.
ADVERTISEMENT
Paus terdampar secara massal relatif sering terjadi di Tasmania. Namun menurut para ahli jumlah ini terbanyak dalam 10 tahun terakhir.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.