News
·
7 September 2020 8:45

297 Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
297 Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh  (104069)
Imigran Rohingya kembali terdampar di Aceh. Foto: Dok. Istimewa
Sebanyak 297 pengungsi Rohingya kembali terdampar di Aceh. Perahu yang membawa mereka kemudian diselamatkan oleh warga di Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe.
ADVERTISEMENT
Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek, membenarkan informasi itu. Dia mengatakan pengungsi Rohingya itu tiba di Pantai Ujong Blang pada Senin (7/9) sekitar pukul 01.00 WIB.
“Iya benar, di Pantai Ujong Blang Lhokseumawe malam tadi,” kata Miftah.
Miftah menyebut, 297 orang itu terdiri dari 181 perempuan, 14 anak-anak, dan 102 laki-laki. Hanya saja Miftah belum mengetahui kronologi kedatangan para pengungsi tersebut. Ia menduga mereka terdampar hingga ke Aceh karena sudah lama berlayar di lautan.
“Mereka mencari daratan karena semua menolak untuk menyelamatkan. Sudah lama berlayar di lautan tanpa arah, mereka melihat lampu dan menghampirinya dan ditolong oleh beberapa warga setempat setelah memberitahukan pihak keamanan,” ucap dia.
ADVERTISEMENT

Kali Kedua Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh di Tahun 2020

Sebelumnya pada 24 Juni 2020 sebanyak 99 WNA yang merupakan pengungsi Rohingya juga terdampar di Aceh. Mereka akhirnya diselamatkan oleh petugas gabungan.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan penyelamatan itu didasari oleh rasa kemanusiaan.
"Pemerintah Indonesia telah memutuskan menyelamatkan 99 orang migran etnis Rohingya yang memasuki perairan Aceh Utara dalam kondisi yang memprihatinkan, darurat, dan sangat membahayakan keselamatan jiwa mereka. Keputusan ini dilandasi oleh prinsip-prinsip kemanusiaan," kata Retno.