kumparan
4 Maret 2019 15:06

3 Dugaan Dokter Penyebab Kematian Wanita Penderita Obesitas di Jabar

Ilustrasi dokter
Ilustrasi dokter Foto: Pixabay
Penderita obesitas, Sunarti (39) meninggal dunia setelah lebih dari sepekan sebelumnya menjalani operasi bariatrik atau memperkecil ukuran lambung. Wanita yang memiliki berat badan 148 kg itu meninggal di kediamannya di Karawang, Jawa Barat, pada 2 Maret.
ADVERTISEMENT
Sunarti menjalani operasi di RS Hasan Sadikin, Kota Bandung, pada 18 Februari 2019. Dokter penanggung jawab, Ervita Sitonga, mengaku tak tahu penyebab Sunarti meninggal dunia. Karena saat dipulangkan dari rumah sakit, pada 1 Maret, Sunarti dalam keadaan baik.
“(Penyebab) Kematian pasti tidak bisa menentukan. Karena (Sunarti) tidak ada di rumah sakit dan tak ada tenaga medis di sana. Sunarti meninggal di rumah dan tidak tahu pasti (apa penyebabnya),” ucap Ervita di RS Hasan Sadikin, Bandung, Senin (4/2).
Ilustrasi Obesitas
Ilustrasi Obesitas Foto: Thinstock
Meski demikian, Ervita menduga ada tiga penyebab kematian Sunarti. Yakni serangan jantung, paru-paru, dan infeksi. Dugaan tersebut, kata Ervita, muncul dari sejumlah kasus pasien penderita obesitas dan dari beberapa penelitian.
“Kalau kita lihat penyebab kematian secara umum paling besar. Masalah jantung, paru-paru dan infeksi, berdasarkan penelitian. Tapi, harus dilihat kondisi pasien,” katanya.
ADVERTISEMENT
Ervita mengakui setelah Sunarti pulang ke rumah, dirinya tak pernah berkomunikasi lebih lanjut dengan keluarga pasien. Kendati begitu, dia pernah berkomunikasi dengan suami Sunarti untuk menanyakan keadaan.
“Terus terang saya belum mengobrol lebih lanjut dengan keluarga yang pada saat itu ada di perjalanan. Saya hanya menanyakan kepada suaminya bagaimana, apakah dari sejak pulang ke rumah ada keluhan, kata suaminya tidak ada,” tutupnya.
Sementara itu, Dirut RS Hasan Sadikin Nina Susana Dewi menegaskan pemulangan Sunarti bukan karena karena limit BPJS habis. Ia menegaskan RS Hasan Sadikin berkomitmen bahwa pelayanan kesehatan nomor pertama.
“Sejak awal, kami sudah menyadari bahwa biaya untuk perawatan obesitas, karena pasien ini dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah Karawang untuk ditangani mengenai obesitas. Karena dari awal kami menyadari untuk penyakit yang diderita ibu Sunarti ini akan memakan biaya banyak,” kata Nina.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan