kumparan
search-gray
Politik23 Juli 2018 23:53

3 Kesepakatan Jokowi dan Parpol Koalisi Usai Bertemu 3,5 Jam

Konten Redaksi kumparan
Pertemuan Presiden Jokowi dan koalisi di Istana Bogor
Pertemuan Presiden Jokowi dan koalisi di Istana Bogor (Foto: Dok. Agus Suparto/Presidential Palace)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan 6 ketua umum partai politik anggota koalisi telah selesai menggelar pertemuan membicarakan banyak hal, salah satunya persiapan menghadapi pendaftaran capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018.
ADVERTISEMENT
Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengungkap secara umum pembicaraan membahas isu-isu kebangsaan terkini, dan secara khusus setidaknya menyepakati 3 keputusan penting yang dicapai dalam pertemuan tersebut. Apa saja?
"Pertama, perlu saya tegaskan 6 parpol solid, dan akan tetap solid apa pun yang terjadi karena kita dalam posisi meyakini disatukan oleh kebersamaan, visi, misi dan semangat kerja, bukan karena kepentingan sesaat," ucap Romy kepada kumparan, Senin (23/7).
Selain Romy, dalam pertemuan itu turut hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.
Kesepakatan kedua, parpol koalisi tetap membuka diri terhadap parpol-parpol yang ingin bergabung dalam koalisi Jokowi di Pilpres 2019, namun harus memperhatikan masa pendaftaran capres-cawapres yang dibuka kurang dari 2 minggu lagi.
ADVERTISEMENT
"Tentu ada tenggat (parpol lain bergabung koalisi Jokowi). Nah, kapan tenggatnya, tidak akan disampaikan," tutur ketum parpol termuda itu.
Kesepakatan ketiga adalah soal nama cawapres Jokowi yang akhirnya bisa bulat disepakati antara 6 ketum parpol dan Jokowi. Soal nama, akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi di waktu yang tepat.
"Karena itu waktu yang kita perlukan membahas (cawapres) ini cukup panjang tadi, 3,5 jam. Kita sepakat kepada Presiden mengumumkan ini. Tentang kapan saat beliau mengumumkan, kita cari waktu yang tepat," pungkas Romy.
Peta Politik Pilpres 2019
Peta Politik Pilpres 2019 (Foto: Chandra Diah)
Ayo nilai para calon pemimpinmu yang layak menjadi capres-cawapres di Pilpres 2019 di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white