News
·
27 Mei 2021 17:11
·
waktu baca 2 menit

3 Tingkah Luar Nalar Warga India saat Corona: Oles Kotoran Sapi sampai ke Dukun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Tingkah Luar Nalar Warga India saat Corona: Oles Kotoran Sapi sampai ke Dukun (10915)
searchPerbesar
Seorang pendeta (kiri) melakukan Aarti, ritual berdoa di depan Corona Devi yang diyakini melindungi orang-orang dari virus corona di kuil Kamatchipuri Adhinam, Coimbatore, India. Foto: AFP
India menjadi sorotan dunia pada 2021 ini. Negara tersebut menjadi episenter pandemi COVID-19 di dunia.
ADVERTISEMENT
Sejak April 2021, India mengalami lonjakan kasus virus corona. Setiap harinya muncul 200 ribu hingga 400 ribu kasus baru COVID-19.
Kini total kasus COVID-19 di India mencapai 27.369.093 orang. Sebanyak 315.263 di antaranya meninggal dunia.
3 Tingkah Luar Nalar Warga India saat Corona: Oles Kotoran Sapi sampai ke Dukun (10916)
searchPerbesar
Seorang warga mandi dengan susu sapi untuk membersihkan kotoran sapi selama 'terapi kotoran sapi' untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus corona di penampungan sapi Ahmedabad, India. Foto: Amit Dave/REUTERS
Lonjakan kasus COVID-19 menjadi masalah besar di lapisan masyarakat di India. Warga India yang mulai kewalahan menghadapi COVID-19 mencoba mengambil cara di luar nalar.
Berbagai cara diambil demi mencegah dan menyembuhkan COVID-19. Cara-cara tersebut terbilang tidak normal lantaran warga memilih pengobatan nonmedis seperti ke dukun hingga mengoleskan urine dan kotoran sapi.
Merangkum beberapa sumber, ini tiga cara unik warga India dalam menghadapi pandemi COVID-19:

1. Pergi ke Dukun

3 Tingkah Luar Nalar Warga India saat Corona: Oles Kotoran Sapi sampai ke Dukun (10917)
searchPerbesar
Rajesh Babu, seorang polisi mengenakan helm berbentuk virus corona meminta masyarakat untuk tinggal di rumah selama wabah COVID-19 di Chennai, India. Foto: Reuters/P. Ravikumar
Pada April 2021, kasus virus corona di India mulai menunjukkan lonjakan besar. Beberapa warga India percaya virus corona disebabkan roh jahat.
ADVERTISEMENT
Kejadian itu terjadi di sebuah wilayah kecil di Negara Bagian Maharashtra. Karena percaya disebabkan roh jahat, warga di Maharashtra memilih berobat ke dukun.
Warga-warga di Maharashtra bahkan menganggap rumah sakit adalah pilihan terakhir.

2. Oles Urine dan Kotoran Sapi

3 Tingkah Luar Nalar Warga India saat Corona: Oles Kotoran Sapi sampai ke Dukun (10918)
searchPerbesar
Sejumlah warga berdoa usai mengoleskan kotoran sapi ke tubuhnya selama 'terapi kotoran sapi' untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus corona di penampungan sapi Ahmedabad, India. Foto: Amit Dave/REUTERS
Tindakan di luar nalar lain dilakukan warga India di Negara Bagian Gujarat.
Beberapa dari warga India percaya kotoran dan urine sapi manjur meningkatkan imunitas, bahkan bisa menyembuhkan dari COVID-19. Mereka pun akhirnya memilih mengoleskan urine sapi untuk mencegah dan menyembuhkan COVID-19.
Praktik penggunaan kotoran dan urine sapi mendapat penolakan luas dari ahli medis di India.
Mereka mengatakan, tidak ada bukti ilmiah kotoran sapi bisa mencegah dan menyembuhkan corona. Justru kotoran sapi bisa menyebarkan penyakit menular lainnya.
ADVERTISEMENT

3. Sembah Dewi Corona

Para pendeta Hindu di sebuah kuil di India tiap harinya berdoa kepada dua 'Dewi Corona'. Mereka percaya doa tersebut dapat membantu upaya menjinakkan virus corona.
Penyembahan terhadap 'Dewi Corona' dilakukan di Kuil Kamatchipuri Adhinam. Selain berdoa, para pendeta Hindu turut menaruh sesajen berupa makanan dan persembahan lain di depan patung 'Dewi Corona'.
"Kami menyembah virus dalam rupa Dewi dan berdoa kepadanya tiap hari agar imbas penyakit berkurang," kata pengelola kuil Anandbharathi K.
Anandbharathi mengakui sudah tidak ada cara lain untuk menangani pandemi COVID-19 selain menyembah virus itu sendiri.
"Bahkan dokter tak dapat menangani betapa besarnya situasi ini. Jadi, kami berpaling kepada imam dan Dewa sebagai pilihan terakhir," kata dia.
ADVERTISEMENT