News9 Juli 2018 18:45

4 Anak Thailand yang Selamat dari Gua Dilarang Bertemu Keluarganya

Konten Redaksi kumparan
4 Anak Thailand yang Selamat dari Gua Dilarang Bertemu Keluarganya (73982)
Anggota keluarga melihat foto anak-anak yang selamat di Gua Tham Luang, Thailand. (Foto: AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)
Hari pertama penyelamatan 12 anak yang terjebak dalam Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, berjalan sukses. Empat anak berhasil keluar dalam keadaan sehat.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, keempat anak yang kini berada di rumah sakit Chiang Rai belum bisa bertemu keluarganya. Mereka baru bisa bertemu sampai dapat dipastikan tidak ada risiko penyakit menular.
"Mereka berempat tidak boleh ada kontak fisik dengan orang tuanya karena dikhawatirkan masih adanya infeksi," kata Ketua Tim Penyelamat Narongsak Osottanakorn, seperti dikutip dari AFP, Senin (9/7).
Walau ada pelarangan bertemu dan kontak fisik, tim penyelamat Thailand tidak menutup kemungkina untuk memberi izin anggota keluarga melihat para anak dari luar ruangan.
"Kami sedang mendiskusikan (pemberian izin melihat dari luar) ini dengan pihak rumah sakit," lanjut Narongsak.
Lebih lanjut Narongsak memastikan keempat anak itu dalam kondisi prima. Mereka bahkan sudah meminta makan nasi goreng kemangi.
ADVERTISEMENT
Terkait identitas empat anak tersebut, Narongsak memilih untuk masih merahasiakannya. Hal itu dilakukan untuk menjaga perasaan keluarga lain yang anaknya belum keluar dari gua.
Sementara itu, pada Senin (9/7) tim penyelamat kembali melakukan misi penyelamatan di hari kedua. Dikabarkan masih ada delapan orang yang terjebak di gua.
Operasi hari kedua ini merupakan kelanjutan upaya evakuasi yang sempat mengalami penundaan selama satu hari. Operasi kali ini disebut tidak mudah. Hujan deras yang masih turun menjadi musuh terbesar operasi tersebut. Hujan dikhawatirkan memicu banjir besar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white