kumparan
21 Feb 2019 7:12 WIB

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Sajadah yang Diinjak Caleg PDIP

Salah satu sajadah milik Mushola Nurul Iman yang terlihat diinjak di video viral yang melibatkan Caleg PDIP. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Video seorang caleg DPRD DKI dari PDIP bernama Doddy Akhmadsyah Matondang menginjak sajadah ramai diperbincangkan. Dalam video itu tampak Doddy tengah mengikuti senam sehat bersama warga di daerah Cengkareng, Jakarta Barat.
ADVERTISEMENT
Senam diselenggarakan di dekat sebuah musala. Namun, dari hasil penelusuran benda yang diinjak dalam senam tersebut ternyata karpet bekas. Lalu seperti apa peristiwa menginjak itu?
Berikut kumparan merangkum 4 fakta:
1. Video Diviralkan Lawan Politik
Video caleg PDIP Doddy menginjak sajadah ikut diramaikan oleh politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean dan politikus PKS Jazuli Juwaini. Keduanya mengecam Doddy melalui unggahan di akun Twitter masing-masing.
2. Caleg PDIP Doddy Minta Maaf
Caleg PDIP Doddy mengunggah permintaan maaf lewat akun Instagramnya. Dia mengaku khilaf dan menginjak sajadah saat senam sehat.
Doddy menyampaikan pengurus musala sudah menyampaikan sajadah itu bekas dan tidak terpakai.
3. Sajadah Itu Ternyata Karpet Bekas Tak Terpakai
ADVERTISEMENT
kumparan melakukan pengecekan ke daerah lokasi senam sehat yang dilakukan Doddy di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Ketua Musala Nurul Iman Barnas Alffandi memastikan benda yang diinjak saat senam bukan sajadah.
“Jadi itu sebenarnya bukan sejadah. Kan kalau sejadah itu yang kaya gitu (sajadah satuan), itu cuma karpet dipotong potong. Sudah rusak memang, sudah jelek. Dan waktu itu dipakai buat nutupin kaca, kan musala lagi dibangun nih,” ujar Barnas di musala yang tampak pada video kepada kumparan, Rabu (20/2).
Barnas memastikan karpet yang diinjak saat senam sehat itu sudah tidak terpakai dan sudah bekas. Dan memang ditaruh di luar, karena sudah usang dan kotor. Jemaah yang lain juga menginjak karpet itu kalau hendak masuk ke dalam.
ADVERTISEMENT
4. Polisi Amankan Karpet Tersebut
Polsek Cengkareng ikut ambil bagian menangani video caleg PDIP Doddy menginjak sajadah. Polisi membawa sajadah, yang ternyata karpet bekas itu untuk diamankan.
“Iya ada di Polsek, cuma buat mengamankan saja takutnya hilang kalau dibiarin di musala,” ujar Kapolsek Cengkareng Kompol Khoiri saat dikonfirmasi, Selasa (20/2).
Khoiri menjelaskan saat ini penyelidikan terkait insiden ini sudah dilaksanakan oleh pihak Polres Jakarta Barat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan