kumparan
25 Januari 2020 6:00

5 Berita Populer: Banjir Jakarta hingga Pemeriksaan Hasto

Banjir Gunung Sahari
Suasana saat banjir melanda Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, Jumat (24/1). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sejumlah peristiwa penting menjadi berita populer pada Jumat (24/1) kemarin. Di antaranya adalah banjir yang kembali sebagian wilayah di Jakarta. Selain itu, pemeriksaan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di KPK juga menjadi sorotan.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya dua peristiwa tersebut yang menarik untuk disimak. Berikut rangkuman lengkapnya.

Banjir Melanda Jakarta

Hujan deras mengakibatkan sejumlah kawasan di Jakarta Utara terendam banjir, Jumat (24/1). Genangan air mulai meninggi sekitar pukul 10.30 WIB. Wilayah yang terdampak di antaranya Sunter, Kelapa Gading, dan Tanjung Priok dengan ketinggian air 30 sentimeter. Ketiga kawasan tersebut mulai surut pada pukul 21.00 WIB.

Pemeriksaan Hasto di KPK

Hasto memenuhi undangan pemeriksaan oleh KPK. Ia diperiksa sebagai saksi atas perkara suap caleg PDIP Harun Masiku, kepada eks komisioner KPU Wahyu Setiawan. Hasto mengatakan ada 24 pertanyaan dari penyidik yang dilayangkan.
Dia mengaku dimintai keterangan seputar dugaan tindak pidana suap Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPR RI. Hasto mengaku menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan penyidik.
ADVERTISEMENT
"Beberapa pertanyaan sudah saya jawab dan segala sesuatunya sudah saya tempuh, termasuk menandatangani berita acara di dalam pemberian sebagai saksi," kata dia.

Satu Orang Dicurigai Terkena Virus Corona

Seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, suspect (dicurigai) terjangkit virus corona. Direktur Medik dan Perawatan RSPI Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani, mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan mendalam.
Dia mengatakan pasien berkebangsaan Indonesia tesebut memiliki riwayat perjalanan dari China. Pasien itu mengalami tanda-tanda mirip dengan seseorang yang terjangkit virus corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas.

Muhammadiyah Haramkan Vape

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram untuk rokok elektronik atau vape. Larangan ini tertuang dalam fatwa majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/PER/L1/E/2020 tentang hukum merokok e-cigarette yang dikeluarkan pada 14 Januari 2020.
ADVERTISEMENT
“Majelis Tarjih PP Muhammadiyah kembali mengambil tindakan yang cepat untuk mengantisipasi hal ini dengan mengeluarkan fatwa terkait larangan rokok elektronik atau vape,” jelas Anggota Divisi Fatwa dan Pengembangan Tuntunan Majelis Tarjih dan Tarjid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wachid, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/1).

Serena Tersingkir di Australia Open 2020

Petenis Serena Williams ditaklukkan oleh atlet Wang Quang dengan skor 6-4, 6-7, dan 7-5 dalam laga Australia Open 2020. Ketenangan Wang pada set ketiga menjadi kunci kemenangan. Ia memaksa pertandingan berlangsung hingga tiebreaker dan akhirnya menuntaskan perlawanan raksasa tenis asal AS itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan