News
·
31 Mei 2021 6:33
·
waktu baca 3 menit

5 Berita Populer: Indikator Merah Pegawai KPK; Situasi Ngeri RS Corona di Kudus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Indikator Merah Pegawai KPK; Situasi Ngeri RS Corona di Kudus (9261)
searchPerbesar
Ilustrasi KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Minggu (30/5). Mulai dari 9 indikator merah pegawai KPK tak lulus TWK hingga situasi mengerikan kasus corona di Kudus.
ADVERTISEMENT
kumparan merangkum sejumlah berita populer tersebut. Apa saja?
9 Indikator 'Merah' Pegawai KPK Tak Lulus TWK: Tak Setuju Revisi UU-Tolak Firli
KPK bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan 51 dari 75 pegawai lembaga antirasuah tidak bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Alasan pemecatan, para pegawai tersebut telah dicap 'merah' dalam TWK. Mereka disebut tidak bisa lagi dibina. Sementara 24 lainnya akan dibina untuk kemudian dites kembali apakah bisa menjadi ASN atau tidak.
Sumber dari kumparan mengatakan, dalam proses TWK itu ada 9 indikator yang merujuk kepada pelabelan 'merah' bagi para pegawai tersebut. Mereka yang dikategorikan dalam indikator itu, menjadi 51 pegawai yang tidak lulus TWK dan akan dipecat.
Akhir Pekan, Sejumlah Rest Area Tol Trans Jawa Arah Jakarta Penuh
ADVERTISEMENT
Libur akhir pekan, sejumlah Rest Area di Tol Trans Jawa arah Jakarta seperti di Pemalang dan Tegal, terlihat penuh pada Minggu (30/5). Karena kepadatan kendaraan, beberapa kendaraan besar seperti truk diberhentikan saat akan masuk ke Tol Cipali.
Tol Cipali didominasi oleh kendaraan kecil dengan plat nomor B,D, dan F. Berdasarkan pantauan kumparan, kondisi Tol arah ke Jakarta terlihat ramai lancar. Tak seperti pekan lalu yang terpantau sepi.
Ini Besaran Uang yang Diterima Karyawan Garuda Jika Setuju Pensiun Dini
Pengumuman pensiun dini kepada karyawan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) telah disampaikan langsung Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra Rabu (19/5) kepada para karyawannya. Irfan mengatakan mereka yang akan mengambil dan bersedia ikut dalam pensiun dini akan memperoleh hak sesuai pasal 64 Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
ADVERTISEMENT
Hak yang akan didapat berupa dua kali pesangon, satu kali uang penghargaan masa kerja, uang pengganti hal, dan tiket konsesi buat mereka yang masih kerja aktif di atas 16 tahun. Terkait program pensiun dini dibuka mulai 19 Mei 2021, saat Irfan mengumumkan hal tersebut dan ditutup pada 19 Juni 2021. Menurut dia, program ini dipercepat karena berapa pun usia karyawannya, berhak ikut, termasuk lama waktu bekerja di Garuda Indonesia
Paris Uji Coba Konser Indoor dengan Pakai Masker, 5.000 Penonton Hadir
Otoritas rumah sakit Paris, Prancis, melakukan uji coba konser indoor kepada 5.000 pengunjung. Pertunjukan itu dilakukan di Bercy arena pada Sabtu (29/5) waktu setempat dengan menghadirkan band rock negara tersebut, Indochine. Acara uji coba konser tersebut tetap wajib menggunakan masker dan melakukan tes corona.
ADVERTISEMENT
Dalam uji coba ini, ada dua kelompok orang yang diteliti. Pertama adalah 5.000 orang yang hadir dalam konser tersebut. Kelompok ini sebelumnya telah mengikuti tes bebas corona sepekan sebelum hadir ke konser. Sedangkan, kelompok yang kedua terdiri dari 2.500 orang yang tinggal di rumah. Mereka merupakan kelompok kontrol untuk mengetahui penyebaran virus corona dari warga yang hadir ke konser.
Situasi Ngeri RS Corona di Kudus: IGD Penuh, Kekurangan Tandu
Minggu (30/5) kasus corona di Kudus, Jawa Tengah masih mengalami lonjakan. Angka aktif corona telah tembus lebih dari seribu kasus, yakni 1.190.
Akibat lonjakan kasus tersebut, rumah sakit rujukan corona mengalami kewalahan. Bahkan, Bupati Kudus, Hartopo, mengatakan ruangan IGD tidak muat. Sejumlah pasien antre karena kekurangan stretcher (tandu pasien). Ia menambahkan penyumbang kasus aktif ini dari berasal dari klaster keluarga dan perkantoran.
ADVERTISEMENT