5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN

5 Maret 2022 6:29
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37857)
zoom-in-whitePerbesar
Menko Marves Luhut B Pandjaitan dengan Pangeran Mohammed bin Salman. Foto: @luhut.pandjaitan
ADVERTISEMENT
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Jumat (4/3) kemarin. Mulai dari PLTN terbesar di Eropa terbakar hingga Menko Kemaritiman dan Invastasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan ke Arab Saudi paparkan Program IKN.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari kemarin, kumparan merangkum lima berita populer berikut. Apa saja?

Ditembaki Rusia, PLTN Terbesar di Eropa Terbakar

5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37858)
zoom-in-whitePerbesar
Rekaman kamera pengintai menunjukkan pendaratan suar di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia selama penembakan di Enerhodar, Zaporizhia Oblast, Ukraina, Jumat (4/3/2022). Foto: Zaporizhzhya NPP via YouTube/via REUTERS
Ukraina melaporkan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terbakar pada Jumat (4/3/2022) akibat serangan Rusia. Kobaran api melanda salah satu dari enam reaktor di PLTN Zaporizhzhia tersebut.
“Tentara Rusia menembaki PLTN Zaporizhzhia dari semua sisi, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa,” tulis Menlu Ukraina Dmytro Kuleba dalam sebuah unggahan di Twitter, seperti dikutip dari Reuters.
Dmytro Kuleba kemudian menyerukan zona keamanan. Ia meminta agar pemadam kebakaran diizinkan menangani insiden tersebut.
“Api sudah berkobar. Rusia harus segera memadamkan api, mengizinkan petugas pemadam kebakaran, membangun zona keamanan!” sambung Kuleba.
ADVERTISEMENT

Kilang Balikpapan Terbakar

5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37859)
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pertamina berusaha menangani kebakaran yang terjadi di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022). Foto: Novi Abdi/ANTARA FOTO
PT Kilang Pertamina Internasional bergerak cepat memadamkan api dan memastikan Kilang Balikpapan sudah dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi. Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.32 WITA.
Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air.
"Api yang sempat timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 WITA. Penyebab timbulnya api saat ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi," kata Area Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan, Ely Chandra dalam keterangan resmi, Jumat (4/3).

Debat Mahfud MD vs Fadli Zon soal Soeharto Hilang di Keppres Serangan 1 Maret

5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37860)
zoom-in-whitePerbesar
Fadli Zon dan Mahfud MD. Foto: Youtube dan Humas Kemenko Polhukam
Presiden Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Di dalamnya juga ada penetapan peristiwa Serangan Umum (SU) 1 Maret 1949 sebagai tanda penegakan kedaulatan negara dari agresi militer Belanda pasca-kemerdekaan.
ADVERTISEMENT
Dalam Keppres tersebut dicantumkan nama tokoh-tokoh yang memiliki peran penting dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Namun, ada satu nama yang tidak ditulis dalam Keppres tersebut, yakni Soeharto yang sebenarnya sebagai 'pemimpin' serangan itu.
Terkait hal ini, politikus Gerindra Fadli Zon dan Menkopolhukam Mahfud MD beradu argumen. Fadli yang memang memiliki background pendidikan sejarah di Universitas Indonesia dengan tegas meminta Keppres tersebut direvisi.
Sebelumnya, Mahfud MD via Twitter menjelaskan bahwa nama Soeharto sudah ada di naskah akademik pembuatan Keppres tersebut. Jadi secara historikal tidak dihilangkan sebagaimana pendapat sejumlah pihak.

Massa PA 212 Demo di Depan Kemenag

5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37861)
zoom-in-whitePerbesar
Habib Hanif Alatas memberikan orasi di depan massa aksi unjuk rasa tuntut Menag mundur, Jumat (4/3). Foto: Haya Syahira/kumparan
Massa PA 212 demo di depan Kemenag. Mereka memprotes Menag Gus Yaqut yang dinilai menghina karena membandingkan azan dengan suara anjing.
ADVERTISEMENT
Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan, baiknya Menag segera meminta maaf atas perbuatan itu. Dia juga menyarankan Menag untuk bertobat.
“Kita menuntut dan meminta dengan hormat kepada Pak Menteri Agama untuk bertobat kepada Allah, meminta maaf kepada umat Islam,” kata Slamet kepada wartawan di depan Kementerian Agama, Jumat (4/3).

Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN Nusantara, ke Abu Dhabi hingga Arab Saudi

5 Berita Populer: Kilang Balikpapan Terbakar; Luhut Cari Dana Buat Bangun IKN (37862)
zoom-in-whitePerbesar
Dubes Arab Saudi di RI, Esam Althagafi, bertemu Menko Marves Luhut Pandjaitan membahas agenda kunjungan Luhut ke Arab Saudi, Rabu (23/2/2022). Foto: Kedubes Arab Saudi
Rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara terus berjalan setelah undang-undangnya dirampungkan DPR dan pemerintah. Keinginan memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur ini membutuhkan suntikan dana yang tak sedikit.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mulai turun tangan mencari pendanaan. Luhut sudah mulai negosiasi ke Abu Dhabi hingga Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Berikut rangkumannya dalam tautan di bawah.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020