News
·
27 Oktober 2020 7:32

5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI (323989)
Ilustrasi Begal dan Rampok Foto: Muhammad Faisal Nu'man
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Senin (26/10). Mulai dari Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko menjadi korban begal saat bersepeda hingga Habib Rizieq Syihab beri kode soal kepulangannya ke Indonesia.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer di antaranya. Apa saja?
Kolonel Marinir Jadi Korban Begal Saat Bersepeda
5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI (323990)
Seorang pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
Begal terhadap para pesepeda semakin marak saja. Bahkan, perwira Marinir juga jadi korban.
Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko menjadi korban begal saat bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (26/10) pukul 06.45 WIB. Jalan Medan Merdeka Barat merupakan kawasan ring-1 di Jakarta Pusat.
Akibat aksi itu, Kolonel Pangestu mengalami luka di kepala.
"Benar (kejadiannya)," kata Kepala Dinas Penerangan Marinir, Letnan Kolonel Gugun Saiful Rachman, saat dikonfirmasi, Senin (26/10).
Biaya Tes Corona Pakai GeNose Rp 400
5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI (323991)
GeNose, alat pendeteksi corona buatan UGM ditampilkan di RSUP Dr Sardjito. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Alat deteksi corona buatan UGM, GeNose, saat ini tengah diuji diagnostik di 9 rumah sakit di Indonesia. Hanya menunggu waktu hingga alat tersebut bisa digunakan oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT
Menteri Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek BRIN), Bambang Brodjonegoro, mengatakan, alat ini sangat mudah digunakan. Selain itu, GeNose harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan alat tes corona lainnya.
"Ini berguna untuk kantor, seperti Kumham yang pegawainya banyak. Nanti pak Sekjen bisa taro di setiap ditjen, satu alat GeNose 40 juta harganya, bisa dipake 100 ribu pengujian. Hasilnya bisa 2 menit. (Kalau setelah dites) Aman silakan (masuk kantor). Kalau enggak aman yaudah jangan kerja deh hari ini," tutur Bambang dalam acara Konferensi Internasional Hukum dan HAM di Hotel JS Luwansa, Senin (26/10).
"Mudah-mudahan Desember bisa (disebarkan). Saya rasa Rp 40 juta untuk 100 ribu, saya kira itu Rp 400 perak per pengujian itu sangat murah. Bahkan dibandingkan rapid test yang sudah relatif murah," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Kerajaan Arab Saudi Izinkan Jusuf Kalla Umrah
5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI (323992)
Jusuf Kalla melaksanakan ibadah umrah usai kunjungan ke Vatikan. Foto: Dok. Istimewa
Jusuf Kalla melanjutkan kegiatan di Arab Saudi dengan menjalankan ibadah umrah, Minggu (25/10) waktu setempat. Umrah kali ini terasa spesial karena dilakukan di tengah pandemi corona.
JK bersama rombongan diizinkan melaksanakan umrah oleh Kerajaan Arab Saudi. Kepastian bisa melaksanakan ibadah umrah, diterima dari Sekjen Liga Dunia Islam, Muhammad Abdul Karim Al Issa, saat mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah.
Jokowi: Vaksin Corona Harus Dipastikan Efektivitasnya
5 Berita Populer: Kolonel Marinir Dibegal; Kode Habib Rizieq soal Pulang ke RI (323993)
Presiden Joko Widodo pada acara Festival UMKM kumparan di Jakarta, Senin (26/10). Foto: kumparan
Presiden Jokowi kembali menggelar rapat terbatas soal vaksin corona. Dalam ratas tersebut, Jokowi mengingatkan para menterinya untuk memperhatikan betul soal keamanan dan efektivitas vaksin corona yang akan diberikan kepada masyarakat.
"Saya minta pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi betul-betul dipastikan keamanan dan keefektivitasannya. Keamanan artinya kalau disuntik, betul-betul sudah melalui tahapan uji klinis yang benar," kata Jokowi saat membuka ratas dari Istana Merdeka.
ADVERTISEMENT
Kode Habib Rizieq soal Jadwal Pulang ke RI
Habib Rizieq Syihab kembali memberi kode terkait kepulangannya ke Indonesia. Kali ini Rizieq tampil dalam video bersama para muridnya yang berada di Arab Saudi.
Dalam video berdurasi 1.31 menit tersebut, Rizieq mengatakan dalam waktu dekat bersama keluarganya akan pulang ke Indonesia. Namun, Imam Besar FPI tersebut tak merinci waktu kepulangannya.
“Di mana InsyaAllah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat saya sekeluarga kembali ke Tanah Air. InsyaAllah dalam waktu dekat ini tidak lama lagi akan kembali ke Indonesia pulang ke tanah air,” kata Rizieq dalam video yang diterima kumparan dari Sekjen PA 212 Novel Bamukmin.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
ADVERTISEMENT