News
·
5 Juli 2020 6:00

5 Berita Populer: Polemik Kalung Antivirus Corona hingga Patung Didi Kempot

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: Polemik Kalung Antivirus Corona hingga Patung Didi Kempot (288465)
Seniman patung Logam Sakti, Musahit (45) menyelesaikan pembuatan model patung maestro campursari Didi Kempot di Pandak, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (19/5). Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyasyah
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Sabtu (4/7). Mulai dari polemik kalung antivirus corona hingga patung Didi Kempot yang akan dibangun di Stasiun Solo.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer. Apa saja?

Polemik Kalung Antivirus Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan inovasi kalung antivirus corona berbasis eucalyptus (minyak kayu putih). Kalung itu diklaim dapat membunuh virus corona secara efektif.
Meski demikian, Direktur McGill University’s Office for Science and Society (McGill OSS), Profesor Joe Schwarc, membantah klaim tersebut. Ia bahkan menyebut tak ada senyawa 1,8 Epoxy-p-Metana di dalam minyak kayu putih.

Alasan DKI Tak Pakai 'New Normal'

DKI Jakarta memilih untuk tidak menggunakan istilah new normal. Alih-alih istilah itu, Jakarta menggunakan istilah PSBB Transisi untuk merujuk pelonggaran PSBB.
Penggunaan kata PSBB transisi ini ternyata ada alasan sendiri. Kata Wagub DKI Riza Patria, istilah new normal dikhawatirkan bisa membuat masyarakat salah kaprah.
ADVERTISEMENT

Daftar Menteri Paling Layak

Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei terhadap kepuasan masyarakat terhadap kinerja para menteri Presiden Jokowi.
Dalam survei tersebut, ada 10 menteri yang dinilai paling layak dipertahankan Jokowi. Mereka adalah Menteri Pariwisata Wishnutama, Menhan Prabowo Subianto, hingga Menkopolhukam Mahfud MD.

Lapangan Bola 'Eropa' di Lereng Merapi

Karang Taruna Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman menyulap lapangan desa menjadi lapangan dengan rumput ala Eropa.
Diberi nama Kepuharjo Sport Center (KSC), fasilitas yang disuguhkan lengkap seperti lapangan mini soccer dan futsal menggunakan rumput zoysia matrella.

Patung Didi Kempot di Solo

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memberi izin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk memasang patung Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo.
ADVERTISEMENT
Rencana itu tak lepas untuk mengenang maestro Didi Kempot. Salah satu lagu hits Didi berjudul Stasiun Balapan yang dinilai mempromosikan Solo dan Jawa Tengah.