kumparan
News16 Februari 2020 18:04

5 Orang Lagi Terjangkit Virus Corona di Singapura, 18 Pasien Berhasil Sembuh

Konten Redaksi kumparan
PTR-Virus Corona di Singapura
Warga Singapura di tengah virus corona. Foto: REUTERS / Feline Lim
Jumlah penderita virus corona atau COVID-19 di Singapura bertambah lima orang pada penghitungan Sabtu (15/2). Sementara itu, 18 orang pasien dinyatakan sudah sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi.
ADVERTISEMENT
Dalam rilis Kedutaan Besar RI di Singapura yang mengutip Kementerian Kesehatan Singapura, Minggu (16/2), lima kasus baru terhubung dengan kasus-kasus sebelumnya yang berasal dari cluster yang sama.
Pada lima kasus baru, penderita yang berusia antara 25 hingga 79 tahun berasal dari Singapura, Bangladesh, dan China. Penderita baru ini menjadikan kasus virus corona di Singapura total 72 kasus.
virus corona di SIngapura
Warga Singapura di tengah virus corona. Foto: REUTERS/Feline Lim
Sementara jumlah pasien yang telah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit mencapai 18 orang. Saat ini 54 pasien dinyatakan dalam kondisi stabil dan enam pasien dalam perawatan ICU. Virus corona memang belum ada obatnya, namun dengan perawatan yang tepat penderita bisa sembuh.
Di antara penderita terdapat seorang WNI yang tertular dari majikannya. Menurut Koordinator Fungsi Penerangan KBRI Singapura, Ratna Lestari Harjana, WNI tersebut masih dalam kondisi stabil.
ADVERTISEMENT
"Semoga segera pulih. Setiap hari ada yang sembuh, jadi kami berharap membaik," kata Ratna dalam pesan singkat kepada kumparan.
virus corona di Singapura
Turis memakai masker saat mengunjungi Merlion Park di Singapura. Foto: REUTERS/Feline Lim
Dari penelusuran pemerintah Singapura, sampai 15 Februari 2020 diidentifikasi 2.083 orang yang pernah menjalin kontak intensif dengan pasien positif COVID-19. Sebanyak 1.959 orang saat ini berada di Singapura dan 1.697 telah dikarantina, sementara 262 orang masih ditelusuri keberadaannya.
"Total sebanyak 812 orang sudah dinyatakan negatif COVID-19 dan 107 orang masih menunggu hasil tes," bunyi rilis KBRI Singapura.
KBRI Singapura juga terus mengimbau WNI yang berada di lima cluster tempat penularan virus corona untuk segera menghubungi dokter jika mengalami gejala seperti demam, batuk, atau sesak napas.
virus corona singapura
Para pelancong mengenakan masker pelindung di terminal keberangkatan Bandara Internasional Changi di Singapura Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN
Ke-5 cluster tersebut adalah:
1. Cluster The Life Church and Missions Singapore (146B Paya Lebar Road).
ADVERTISEMENT
2. Cluster Yong Thai Hang medical shop (24 Cavan Road).
3. Cluster Grand Hyatt Singapore.
4. Cluster Seletar Aerospace Heights.
5. Cluster gereja Grace Assembly of God.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan