kumparan
18 September 2019 13:33

54 Pelajar di Simalungun, Sumut, Keracunan Ikan Tongkol

54 Pelajar di Sumut Keracunan, Diduga Karena Ikan Tongkol
Para siswa yang mengalami keracunan yang diduga karena ikan tongkol. Foto: Dok. Istimewa
Sebanyak 54 pelajar SMP dan SMA di Asrama Putri GKPS, Kabupaten Simalungun, Sumut, keracunan makanan usai menyantap ikan tongkol, Senin (16/9). Mereka dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami pusing, mual, hingga sesak napas.
ADVERTISEMENT
Kasatreskrim Polres Simalungun, AKP Agustiawan, membenarkan hal itu. Peristiwa keracunan itu terjadi pukul 13.30, usai para siswa makan siang dengan nasi, sayur, dan ikan tongkol.
"Lalu kebanyakan dari mereka banyak yang merasa mual, pusing, gatal, dan sesak hingga harus dilarikan ke rumah sakit,"' ujar Agustiawan, Rabu (18/9).
Pedagang memperlihatkan ikan tongkol
Pedagang memperlihatkan ikan tongkol Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Pada pukul 18.00 sebagian besar korban dilarikan ke Rumah Sakit Rondahaim Saragih, Pematang Raya. Saat ini, sebagian besar korban sudah diperbolehkan pulang.
"Keadaannya sudah semakin membaik, sudah banyak yang pulang dari rumah sakit. Kalau tidak salah data terakhir tingga 16 orang yang dirawat," ujar Agustiawan.
Agustiwan mengatakan, saat ini polisi dan Dinas Kesehatan Simalungun terus berupaya menyelidiki kejadian ini. Timnya juga sudah mengambil sampel ikan tongkol yang diduga menjadi penyebab keracunan massal ini.
ADVERTISEMENT
"Sampel telah diamankan untuk diuji ke Laboratorium ke Medan," ujar Edwan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan