kumparan
News7 Juni 2019 14:28

62 Ribu Kendaraan Diprediksi Balik ke Jakarta Lewat Tol Cikampek Jumat

Konten Redaksi kumparan
Suasana Gerbang Tol Cikampek Utama 1
Suasana Gerbang Tol Cikampek Utama 1. Foto: Dok. Jasa Marga
PT Jasa Marga memprediksi arus balik Lebaran 2019 akan dimulai hari ini, Jumat (7/6). Rekayasa lalu lintas satu arah (one way) juga diberlakukan bagi pemudik dari KM 414 Kalikangkung (Tol Semarang) hingga KM 70 Cikampek Utama.
ADVERTISEMENT
Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, pihaknya memperkirakan akan lebih dari 62 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jakarta lewat Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama untuk hari Jumat (7/6).
"Jasa Marga memprediksi arus balik Lebaran 2019 akan dimulai pada hari ini, dengan perkiraan total 62.379 kendaraan akan kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Angka prediksi tersebut naik 278,1 persen dari LHR (Lalu lintas Harian Rata-rata) normal sebanyak 22.434 kendaraan," jelas Irra dalam keterangannya.
Situasi lalu lintas di Ruas Tol Cikampek menuju Jakarta
Situasi lalu lintas di Ruas Tol Cikampek menuju Jakarta. Foto: Soejono Saragih/kumparan
Irra menegaskan, pemberlakukan sistem one way sudah sesuai diskresi dari pihak kepolisian, dengan tetap memperhatikan kondisi terbaru di lapangan.
Sementara itu, hari pertama dan kedua Lebaran pada 5-6 Juni 2019, tercatat ada 140.672 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Peningkatan volume kendaraan ini meningkat 203,79 persen dari LHR normal yang sekitar 46.306 kendaraan.
ADVERTISEMENT
Ia menuturkan sejauh ini volume lalu lintas di GT Cikampek Utama pada Jumat pagi terpantau ramai lancar untuk kedua arah. Sementara kepadatan masih terpantau di jelang rest area.
"Untuk titik-titik kepadatan sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau di beberapa titik jelang rest area, seperti Rest Area KM 33A, KM 39A, dan KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek," tutup Irra.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan