kumparan
search-gray
News1 Februari 2018 13:20

ACT Siapkan Dana Rp 5 Miliar untuk Bantu Suku Asmat

Konten Redaksi kumparan
Press Conference ACT
Press Conference ACT (Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan)
Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan mengirimkan tim relawan menuju Kabupaten Asmat, Papua, Minggu (4/2). Tim ini nantinya akan memberikan bantuan terkait masalah maraknya kasus gizi buruk dan masalah kesehatan di Asmat yang baru-baru ini menjadi sorotan publik.
ADVERTISEMENT
Presiden ACT, Ahyudin, mengaku pihaknya telah menyiapkan sejumlah dana untuk bantuan tahap awal yang diberikan.
"ACT menyiapkan dana Rp 5 miliar untuk tahap awal ini. Kami juga akan berangkatkan chef untuk membuat dapur umum. Kita akan memperlihatkan (bagaimana) memasak yang sehat," tutur Ahyudin di Kantor ACT, Menara 165, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (1/2).
Ia mengaku dana yang dihimpun tersebut berasal dari sumbangan masyarakat. Ahyudin menjelaskan, bantuan dana yang diserahkan melalui ACT terbagi menjadi tiga macam yaitu, zakat, infaq, dan wakaf.
ACT Salurkan bantuan di kabupaten Asmat.
ACT Salurkan bantuan di kabupaten Asmat. (Foto: Dok. ACT)
Ahyudin optimistis, meski bukan lembaga pemerintah, namun dalam hal kemanusiaan ACT tidak akan kalah. Ia juga berharap, bantuan yang diberikan maksimal dan meringankan beban warga di Asmat.
ADVERTISEMENT
"Dengan penuh semangat insyaallah, sebagai organisasi kemanusiaan milik bangsa ini, dengan penuh spirit, dengan hati yang lapang, insyaallah kita akan garap sebisa mungkin," kata dia.
Tim relawan ACT rencananya akan berangkat pada Minggu (4/2) dari Merauke. Sementara Ahyudin dan Wakil Presiden ACT, Indan Nurrohman, akan berangkat Kamis (1/2) malam dari Jakarta
"Untuk tahap pertama, tiga bulan. Setelah tiga bulan, kita akan masuk ke fase recovery," tutup Ahyudin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white