News
·
30 September 2020 16:29

Ada Pelanggaran SOP saat Nora Masuk Mobil Tahanan: Jerinx Tak Diborgol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ada Pelanggaran SOP saat Nora Masuk Mobil Tahanan: Jerinx Tak Diborgol  (418427)
Kemesraan jerinx bersama istrinya di dalam mobil tahanan. Foto: Instagram/@ncdpapl
Kejati Bali menyatakan ada standar operasional (SOP) pengamanan tahanan yang dilanggar saat terdakwa Jerinx tak diborgol di mobil tahanan.
ADVERTISEMENT
Pelanggaran itu juga tampak saat istri Jerinx, Nora Alexandra, masuk ke mobil tahanan hingga mereka bermesra-mesraan.
Kasi Penerangan Hukum Kejati Bali A.Luga Harlianto mengatakan, dua standar pengamanan tahanan adalah diborgol dan tidak didampingi saat di mobil tahanan.
Dia menilai ada unsur kelalaian dari jaksa dan petugas membiarkan Nora masuk ke mobil tahanan.
"Kalau kita sudah ada SOP pengawalan tahanan berikut di dalamnya terhadap bagaimana tahanan itu di berada mobil tahanan. Nah, itu pada prinsipnya tahanan saja yang ada di sana. Lalu kedua pada posisi terborgol, kalau dilihat dari video itu saja diduga ada kelalaian tapi pimpinan ingin melihat seperti apa," kata Luga.
Video yang dimaksud Luga adalah video kemesraan Nora dan Jerinx di mobil tahanan yang sempat diposting Nora di Instagram. Video itu saat ini sudah dihapus.
ADVERTISEMENT
Luga juga mengklaim tak ada perlakuan khusus diberikan kepada terdakwa Jerinx dalam perkara "IDI Kacung WHO". Kejati sedang mengusut kasus ini.
"Pada prinsipnya secara lisan pimpinan maupun pada saat persidangan itu tidak pernah melakukan perlakuan spesialis khusus kepada Jerinx," kata Luga.
Seperti diketahui, viralnya adegan ciuman mesra Nora-Jerinx ini menjadi momok tersendiri bagi pihak Jerinx. Pihak Kejari Denpasar menegur Nora agar menghapus postingan tersebut dari akun instagramnya.
"Iya benar (meminta dihapus) karena enggak enak secara etika kita adat ketimuran," kata Kasipidum Kajari Denpasar I Wayan Eka Widanta.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)