kumparan
21 Januari 2020 23:07

Ada Proyek Underpass, Transjakarta Tutup Halte Senen dan Kp Melayu

PTR, Ilustrasi Bus TransJakarta
Ilustrasi Bus TransJakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pemprov DKI Jakarta memulai proyek untuk memperpanjang underpass di Simpang Senen, Jakarta Pusat. Akibat proyek ini, sejumlah ruas jalan ditutup, termasuk jalur Transjakarta.
ADVERTISEMENT
Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta, Nadia Diposanjayo, mengatakan, ada dua halte Transjakarta yang ditutup imbas dari pembangunan ini. Yakni, Halte Senen dan Kampung Melayu tidak akan beroperasi selama tiga bulan.
“Sehubungan dengan adanya pembangunan perpanjangan underpass Senen, untuk sementara halte Central Senen arah Kampung Melayu tidak dapat melayani pelanggan sampai pekerjaan tersebut selesai kurang lebih tiga bulan,” kata Nadia lewat keterangan tertulisnya, Selasa (21/1).
Skybridge LRT Velodrome-Halte Transjakarta Pemuda
Halte Transjakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Masyarakat pun diimbau menggunakan halte Transjakarta lain jika hendak menuju Kampung Melayu dan Senen.
“Namun bagi pelanggan yang hendak menuju arah Kampung Melayu dapat melalui Halte Budi Utomo. Dan bagi pelanggan dari arah Ancol yang hendak turun di Halte Central Senen dapat turun terlebih dahulu di Halte Pal Putih, kemudian naik kembali arah ke Ancol,” ujar Nadia.
Jalur Transjakarta belum steril
Jalur Transjakarta belum steril Foto: Aprillio Akbar/antara
Mengantisipasi penutupan jalan akibat pembangunan underpass, Dishub Pemprov DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas.
ADVERTISEMENT
Berikut ruas jalan yang mengalami rekayasa lalu lintas:
  1. Lalu lintas dari arah Timur (Pulogadung) menuju arah Barat (Tugu Tani/Gambir) yang semula belok kanan di samping Simpang Senen melalui Jalan Senen Raya, dapat menggunakan jalan alternatif langsung lurus ke arah Barat melalui Jalan Prajurit KKO Usman Harun
  2. Lalu lintas dari Barat (Tugu Tani) yang semula dapat belok kanan di simpang senen ke arah Selatan (Salemba) dialihkan lurus-berputar di atas underpass Senen-belok kiri di simpang Senen menuju Salemba.
Dishub DKI Jakarta pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk mengikuti pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan