kumparan
5 Desember 2019 8:05

Akomodir Kebutuhan Pengguna, PT KCI Tambah Perjalanan KRL Bekasi

PTR, KRL Commuterline
KRL Commuterline. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terus berupaya mengakomodir kebutuhan para penggunanya. Untuk mendukung hal ini, mulai hari ini, Kamis (5/12), PT KCI menambah 2 perjalanan KRL lintas Bekasi – Jakarta Kota.
ADVERTISEMENT
VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, menjelaskan penambahan perjalanan KRL ini berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2019 sejak 1 Desember lalu.
"Pemberlakuan GAPEKA ini dapat mengakomodir penambahan perjalanan seiring dengan pembangunan prasarana perkeretaapian di berbagai wilayah. Jadwal perjalanan sesuai GAPEKA 2019 juga menyesuaikan dengan ketersediaan sarana yang dimiliki PT KCI," jelas Anne dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/12).
Antrean di Stasiun Bekasi
Antrean di Stasiun Bekasi Foto: Dok. Thalia pembaca kumparan
Berikut jadwal 2 perjalanan KRL di Stasiun Bekasi:
  1. KA 1327 relasi Bekasi – Jakarta Kota melalui Manggarai berangkat dari Stasiun Bekasi pukul 06.13 WIB menggunakan rangkaian dengan formasi sepuluh kereta (SF 10).
  2. KA 1331 relasi Bekasi – Jakarta Kota melalui Manggarai berangkat dari Stasiun Bekasi pukul 06:26 WIB menggunakan rangkaian dengan formasi sepuluh kereta (SF 10).
KRL Commuter Line
KRL Commuter Line. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
PT KCI juga akan memaksimalkan rangkaian KRL Bekasi dengan formasi yang lebih panjang yaitu 10 dan 12 kereta. Rangkaian dengan formasi delapan kereta juga masih dioperasikan untuk lintas Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota yang melalui Pasar Senen.
ADVERTISEMENT
"Dengan rekayasa operasi ini, PT KCI berharap pengguna dapat menggunakan alternatif tersebut dalam perjalanannya di pagi hari," jelasnya.
Kereta listrik, KRL, Stasiun Bekasi
Kereta listrik melintas di jalur rel kereta Stasiun Bekasi. Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Anne mengatakan, sejak adanya GAPEKA 2019, jumlah perjalanan KRL di lintas Bekasi bertambah menjadi 175 perjalanan per hari dari sebelumnya 165 perjalanan. Khususnya untuk keberangkatan KRL Cikarang dari sebelumnya 17 perjalanan menjadi 23 perjalanan.
Penambahan ini diakomodir dengan memanfaatkan jalur Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota yang sebagian melalui rute Stasiun Pasar Senen. PT KCI juga menambah jumlah rangkaian KRL Bekasi menjadi 15 rangkaian dari sebelumnya 14 rangkaian.
"PT KCI senantiasa mendengar masukan dari para pengguna sejak berlakunya GAPEKA 2019," pungkas Anne.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan