kumparan
5 Maret 2018 17:52

Aksi Jet Tempur Mesir Kawal Pesawat Putra Mahkota Saudi

Pesawat putera mahkota Saudi dikawal jet Mesir. (Foto: Youtube/Arab News)
Penghormatan Mesir atas kedatangan Mohammed bin Salman (MbS) bahkan dilakukan sejak sebelum Putra Mahkota Arab Saudi itu menginjakkan kaki di daratan. Mesir mengerahkan jet-jet tempur untuk mengawal pesawat yang ditumpangi MbS untuk menjamin keselamatannya.
ADVERTISEMENT
Seperti diberitakan Arab News, jet tempur terlihat terbang mengiringi pesawat MbS sesaat setelah memasuki wilayah Mesir pada Minggu (4/3). Tidak satu atau dua, tapi tiga jet tempur dikerahkan mendampingi pesawat tamu istimewa negara itu.
Menurut Mayor Jenderal Hisham al-Halabi, penasihat di Akademi Militer Nasser dan anggota Dewan Hubungan Luar Negeri Mesir, pengawalan dengan jet tempur adalah penghormatan yang tidak biasa dalam menyambut tamu negara.
"Hal ini menyiratkan pesan dari Mesir dan angkatan bersenjata Mesir kepada Pangeran bahwa dia disambut baik di udara atau di darat," kata Halabi, dikutip Al Arabiya.
Pesawat putera mahkota Saudi dikawal jet Mesir. (Foto: Youtube/Arab News)
Menurut seorang pilot jet tempur kepada Al Arabiya, jet tempur itu diberangkatkan dari beberapa pangkalan militer dan memang disiagakan untuk mengawal delegasi Saudi. Mereka langsung terbang dan mendekat ke pesawat MbS dengan jarak hanya sekitar 100 meter begitu masuk wilayah udara Mesir.
ADVERTISEMENT
Mesir menjadi negara pertama dalam tur beberapa negara MbS selama Maret. Kedatangan MbS untuk menanamkan investasi di Mesir usai gejolak politik dan keamanan di negara itu selama beberapa tahun terakhir.
Usai dari Mesir, MbS akan bertolak ke Inggris pada Rabu mendatang untuk bertemu Perdana Menteri Theresa May dan ke Amerika Serikat pada 19-22 Maret mendatang.
Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. (Foto: Reuters/Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court)
Baru beberapa jam tiba di Kairo, MbS sudah menandatangani nota kesepakatan untuk dana investasi Saudi sebesar 60 miliar Saudi riyal di negara itu. Kesepakatan juga diteken soal dilanjutkannya kerja sama keamanan dan perdamaian di Mesir.
Sejak Abdel Fattah el-Sisi menjabat presiden, hubungan Saudi-Mesir semakin erat. Mesir mendukung perang Saudi melawan militan Houthi yang disokong Iran di Yaman. Tahun lalu, Sisi juga ikut dalam barisan pemboikot Qatar yang dimotori Saudi.
ADVERTISEMENT
Ini adalah kunjungan pertama MbS setelah dia dilantik Putra Mahkota pada Juni tahun lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan