News
·
22 September 2020 13:19

Alasan 13 Pengacara Jerinx Terlambat hingga Sidang Diskors 15 Menit: Konsolidasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan 13 Pengacara Jerinx Terlambat hingga Sidang Diskors 15 Menit: Konsolidasi (21204)
Suasana sidang online terdakwa Jerinx. Foto: Denita br Matondang/kumparan
Sidang kedua terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx yang digelar secara virtual, Selasa (22/9), sempat diskors selama 15 menit.
ADVERTISEMENT
Sidang dengan agenda tanggapan terdakwa atas dakwaan JPU itu diskors karena 13 pengacara Jerinx tak hadir alias terlambat.
Bahkan, saat para penasihat hukumnya tersebut telah tiba, sidang kembali diskors selama 5 menit. Alasan Ketua Majelis Hakim Ida Ayu Adnya Dewi, para penasihat hukum berlalu lalang di depan layar monitor. Mereka dinilai tak tertib.
Usai persidangan, salah satu penasihat hukum Jerinx, Teguh Sugeng Santoso, menilai sikap Hakim Ayu menskors persidangan benar.
Menurut dia, terdakwa yang ancaman pidana di atas lima tahun wajib didampingi penasihat hukum.
"Benar, hakim hanya akan memeriksa perkara untuk tuntutan yang ancaman di atas lima tahun wajib didampingi penasihat hukum," kata dia kepada wartawan di Polda Bali.
ADVERTISEMENT
Dia menjelaskan, tak hadir di awal persidangan karena masih berkonsolidasi. Dia menolak disebut memberontak proses persidangan.
"Kan konsolidasi dulu kita kan timnya banyak dan biar enggak grasa grusu. Tidak (memberontak) kan kami akhirnya datang," kata dia.