kumparan
News26 Februari 2020 13:20

Alasan Anies Baswedan Absen Rapat dengan Komisi V DPR: Tinjau Banjir

Konten Redaksi kumparan
Banjir di Underpass Senen, Jakarta.
Banjir di Underpass Senen, Jakarta. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan absen dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR untuk membahas penanganan banjir Jabodetabek. Anies diwakili oleh Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang Vera Revina Sari.
ADVERTISEMENT
Vera mengatakan saat ini Anies masih meninjau lapangan melihat dampak banjir yang melanda Ibu Kota sejak Selasa (25/2). Dia menyebut Anies tak mungkin absen apabila tak terdapat agenda mendesak.
"Pak Anies tidak bisa hadir saat ini karena beliau masih di lapangan, meninjau dampak banjir yang kemarin. Karena Pak Anies enggak mungkin enggak hadir kalau tidak hal yang mendesak sekali," kata Vera di Gedung DPR, Senayan, Rabu (26/2).
"Enggak bisa (ditinggal) karena kan dampaknya masih terasa sekarang. Jadi pas saja, mungkin undangannya sebelumnya. Tapi pas tiba-tiba kemarin ada banjir, kalau kemarin enggak banjir insyaallah Pak Anies hadir," lanjutnya.
Menurut Vera, sejauh ini Pemprov DKI mengikuti program pemerintah pusat dalam pengendalian banjir. Dia juga mengatakan koordinasi dengan pemerintah pusat berjalan baik.
ADVERTISEMENT
"(Koordinasi) sangat baik. Karena ada bagian yang merupakan kewajiban pemerintah pusat, bukan kewenangan daerah. Iya, kita enggak punya masterplan lain selain punyanya PUPR, karena untuk pengendalian banjir bukan DKI saja," tutup Vera.
Selain Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim juga tidak menghadiri rapatdi DPR. Karena itu, komisi V memutuskan menunda rapat dan akan dijadwalkan kembali setelah masa reses usai di akhir bulan Maret.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan