kumparan
24 Apr 2019 15:47 WIB

Anggota PPS di Deli Serdang, Sumut, Meninggal usai Rekapitulasi Suara

Ilustrasi anggota PPS saat sedang menjaga TPS. Foto: Istimewa
Seorang Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa Lama, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara meninggal dunia usai melakukan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Zainuddin (52), nama petugas PPS itu, meninggal pada Selasa (23/4) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Jadi bapak itu setelah selesai penghitungan suara dari kantor desa, masih beres-beres, tiba-tiba merasa sesak napas, mungkin masuk angin atau kalau bahasa kita angin duduklah, jadi seperti itu awalnya karena kelelahan," ujar Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Deli Serdang Syahrial Effendi, Rabu (24/4).
Jenazah Zainuddin, kata Effendi, disemayamkan di rumah duka pada hari itu juga. Karena peristiwa itu, KPU Deli Serdang merasa begitu kehilangan. Effendi mengatakan institusinya akan mengusulkan agar keluarga Zainuddin mendapatkan bantuan.
Keluarga menangisi kepergian Zainuddin yang meninggal dunia usai rekapitulasi surat suara. Foto: Dok. Istimewa
"Kami telah mengusulkan ke departemen keuangan untuk memberikan santunan," ujar Effendi.
Effendi mengatakan atas musibah itu, institusinya membuat surat edaran kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang. Surat edaran itu isinya adalah meminta dibuka posko kesehatan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang.
ADVERTISEMENT
"Kita meminta koordinasi dengan pemerintah setempat, untuk stand by atau membuat posko (kesehatan). Karena pekerjaan ini cukup melelahkan bagi penyelenggara. Kita juga merasakan itu. Kita anjurkan rekapitulasi tetap sesuai dengan jadwal, tetapi kesehatan juga harus dijaga," ujar Effendi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan