News
·
25 Maret 2020 13:10

Anies: Bantu Penuhi Kebutuhan Tetangga Positif COVID-19, Jangan Dijauhi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anies: Bantu Penuhi Kebutuhan Tetangga Positif COVID-19, Jangan Dijauhi (486227)
searchPerbesar
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan rapat kerja terkait Penanganan COVID-19 bersama seluruh Kepala SKPD, Walikota, Camat dan Lurah. Foto: Dok. PPID Jakarta
Berbagai cara dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona di Jakarta. Menjaga jarak dengan sesama menjadi kunci menekan penyebaran corona.
ADVERTISEMENT
Namun, perlakuan berbeda dilakukan saat ada tetangga yang tengah mengisolasi diri karena corona. Warga di sekitar harus membantu, bukan menjauhinya.
Anies: Bantu Penuhi Kebutuhan Tetangga Positif COVID-19, Jangan Dijauhi (486228)
searchPerbesar
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan rapat kerja terkait Penanganan COVID-19 bersama seluruh Kepala SKPD, Walikota, Camat dan Lurah. Foto: Dok. PPID Jakarta
"Kalau ada tetangga yang positif COVID-19, bantu," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seperti dikutip dari akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (25/3).
Hal itu disampaikan Anies saat memberikan arahan kepada para lurah, camat, dan wali kota se-Jakarta di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (19/3).
Anies mendapat surat edaran dari salah satu RT di Jakarta. Dalam surat edaran itu, Ketua RT meminta warga menjauhi warga yang positif COVID-19 dan sedang mengisolasi diri di rumah.
Bagi Anies, sikap seperti itu justru sangat berat bagi pengidap COVID-19. Dia bisa saja keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya. Kondisi ini justru membahayakan warga sekitar.
ADVERTISEMENT
"Jangan seeperti itu. Itu berat. Bantu dia untuk tidak keluar rumah," ujar Anies.
"Justru kita harus gotong royong. Siapkan makannya, kebutuhan apa dibantu oleh kanan kirinya," katanya.
Gotong royong sangat dibutuhkan dalam kondisi sekarang ini. Sebab, dengan menjaga pengidap COVID-19 tak keluar rumah, berarti menyelamatkan warga satu wilayah.
"Ini saatnya kita membangun identitas warga karena keluarga ini bisa melindungi kita semua kalau mereka berada di rumah. Karena dia sedang menyelamatkan kita," tutur Anies.
"Bukan dibalik, yang itu sakit harus kita jauhi. Kumpulkan RT/RW, sampaikan pesan ini," perintah Anies.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!