kumparan
10 November 2018 9:33

Anies: Pahlawan Tidak Pernah Bertanya Ini Hari Libur Atau Hari Kerja

Gubernur DKI Anies Baswedan pimpin upacara Hari Pahlawan di Monas, Sabtu (10/11/2018). (Foto: Paulina Herasmanindar/kumparan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara hari pahlawan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11). Dalam sambutannya, Anies menuturkan bahwa meski hari pahlawan jatuh pada hari libur akhir pekan, peristiwa mengenang perjuangan para pahlawan tetap harus diperingati.
ADVERTISEMENT
"Kita semua memilih untuk mentaati bahwa kita merayakan memperingati sifat semangat pahlawan dan menggeser hari ini bukan hari libur. Ini adalah hari kita memperingati perjuangan 10 November 1945 yang juga jatuh pada hari Sabtu," ujar Anies di lokasi.
Anies mengatakan, pahlawan tidak pernah bertanya pada hari apa dirinya harus berjuang. Pahlawan pada saat itu selalu siap siaga mempertaruhkan jiwa dan raga dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.
"Di saat mereka dipanggil untuk mengibahkan tenaga, diberikan tenanganya. Bahkan ketika harus menghibahkan darah dan nyawa, mereka hibahkan darah dan nyawa itu. Karena itu mereka kita sebut dengan pahlawan," imbuhnya.

Di saat ada panggilan negeri untuk menghibahkan waktu, dia datangi perjuangan

- Anies Baswedan -

Gubernur DKI Anies Baswedan pimpin upacara Hari Pahlawan di Monas, Sabtu (10/11/2018). (Foto: Paulina Herasmanindar/kumparan)
Untuk itu, Anies mengajak agar setiap orang dapat meneladani sikap kepahlawanan dari para pendahulu yang telah gugur di medan perang, mereka semua adalah manusia-manusia yang tak kenal waktu dalam berjuang. Ia berharap, generasi saat ini juga dapat mengobarkan semangat kepahlawanan sehingga dapat dicontoh generasi di masa depan.
ADVERTISEMENT
"Buktikan bahwa semangat kepahlawanan tidak berhenti di era kemerdekaan semangat kepahlwanan hidup dan membara di era hari ini. Kita tunjukkan kepada anak-anak dan anak-anak dari anak-anak kita bahwa orang tuanya meneruskan tradisi kephalwanan ini," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan