kumparan
News27 Februari 2020 17:13

Antisipasi Virus Corona, Kemlu Buka Pos untuk WNI di Korsel

Konten Redaksi kumparan
PTR-Arie Andriana di Kota Daeg
Suasana Kota Daegu, Korea Selatan. Foto: Dok. Arie Andriana
Kementerian Luar Negeri RI telah menyiapkan sejumlah pos untuk WNI di Korea Selatan demi mengantisipasi virus corona. Korea Selatan saat ini mengalami lonjakan penularan virus corona, terbesar kedua setelah China.
ADVERTISEMENT
"Tim kita yang ada di Seoul sudah membuka pos sekitar 53 km dari Daegu," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2).
Kota Daegu menjadi wilayah yang paling terdampak, setelah pasien ke-31 di Korea Selatan menjadi super spreader dan menulari virus ke jemaat gereja Shincheonji. Retno menyebut, pembukaan pos-pos itu untuk mengantisipasi meluasnya virus corona di negeri ginseng.
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi memberikan sambutan dalam acara pertemuan dengan Tim Aju dan Evakuasi WNI di Wuhan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Juga di korea selatan untuk mengantisipasi di kota tersebut menjadi semakin [luas], harus menjadi perhatian dan jumlah warga negara di wilayah tersebut cukup banyak," ujarnya.
"Kita tangani banyak sekali isu, yang harus mendapat perhatian kita semua," tambah Retno.
VIrus Corona di Korea Selatan
Ambulans yang mengangkut pasien coronavirus yang dikonfirmasi tiba di luar rumah sakit di Kota Daegu, Korea Selatan, Minggu (23/2). Foto: Reuters
Per Jumat, jumlah pasien virus corona di Korea Selatan mencapai 1,595 orang, dan 13 lainnya meninggal. Sebagian besar berasal dari Daegu, kota terbesar keempat Korea Selatan yang biasanya ramai dikunjungi. Tercatat ada ribuan WNI yang menetap di Daegu.
ADVERTISEMENT
Secara global, virus corona telah menelan 2.804 jiwa, menjangkiti 82.171 orang di hampir 40 negara, namun diklaim sembuh mencapai 32.953 orang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan