kumparan
10 Oktober 2019 0:13

Anwar Ibrahim Kenang Sosok BJ Habibie: Dia Bergerak dari Hati Nurani

Dato Anwar Ibrahim dan Thariq Habibie
Dato Anwar Ibrahim disambut Thariq Habibie saat tiba di kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Politikus Malaysia, Anwar Ibrahim, mengenang sosok BJ Habibie sebagai seorang negarawan yang sangat mencintai keluarga. Menurut Anwar, semasa hidupnya, Presiden ke-3 RI itu, adalah seseorang yang mengedepankan hati nurani.
ADVERTISEMENT
"Habibie bukan seorang politisi. Dia teknokrat scientists. Tapi dia gerak dari hati nurani. Dimensi manusiawi dan pembebasan politik dan melakukan reformasi dari awal," ujar Anwar di kediaman keluarga BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/10).
"Dia seorang negarawan tetapi di akhir hayatnya memberikan suatu kesan tentang kerukunan hidup keluarga, kecintaan dan kasih dengan yang luar biasa terhadap Ainun," imbuhnya.
Dato Anwar Ibrahim dan Thariq Habibie bertemu awak media saat berkunjung ke rumah mendiang BJ Habibie
Dato Anwar Ibrahim dan Thariq Habibie bertemu awak media saat berkunjung ke rumah mendiang BJ Habibie. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia itu menambahkan, Habibie memiliki obsesi yang begitu besar terhadap teknologi, ilmu dan sains. Anwar mengaku sebagai seorang aktivis kemanusiaan, dirinya terpengaruh dengan sudut pandang sains Habibie.
"Saya bicara dengan Habibie. Dia obsesinya teknologi, ilmu dan sains yang sangat diperlukan oleh bangsa. Sebagai seorang aktivis yang banyak bicara soal kemanusiaan, saya terpengaruh dari sudut Science yang saya yakin harus diberi pendekatan juga," jelas Anwar.
Dato Anwar Ibrahim dan Thariq Habibie, Kediaman BJ Habibie
Dato Anwar Ibrahim saat berkunjung ke kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Anwar menuturkan, beberapa kali dirinya juga pernah bersilang pendapat dengan Habibie. Hanya saja, dia kerap kalah berdebat dengan Habibie, terlebih jika membahas soal sains.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak selalu cocok. Kalau saya kalah (debat), saya akan tinggikan suara saya," katanya sembari tertawa.
Pertemuan Anwar dengan keluarga BJ Habibie berlangsung selama sekitar satu jam. Dalam pertemuan tersebut hadir kedua putra Habibie, Ilham dan Thareq Habibie. Turut hadir Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie dan Politikus senior partai Golkar Akbar Tanjung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan